LAPORAN ojl UP TO DATE KATA PENGANTAR



KATA PENGANTAR


Diklat Calon Kepala Sekolah meruapakan upaya menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan sebagai bekal untuk memimpin sebuah lembaga satuan pendidikan dalam dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.
Dengan adanya latihan kepemimpinan calon kepala sekolah akan terlatih dan terasah jiwa kepemimpinan, kepribadian, sosial, dan jiwa kewirausahaannya dengan meningkatkan potensi kepemimpinan, mengubah pola pikir, sikap, perilaku dan tindakannya yang terfokus pada peningkatan kemampuan berdasarkan hasil pemetaan.
Pengembangan ketrampilan manajerial calon kepala sekolah untuk memahami delapan standar nasional secara utuh dan menyeluruh terkait dengan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, sapras, peserta didik, kurikulum, keuangan sekolah, dan pembinaan tenaga administrasi sekolah. Semua itu merupakan hal pokok dalam pengelolaan sekolah, dengan senantiasa memonitoring dan mengevaluasi dalam proses pengembangannya.
Alhamdulillah, Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam dan segala isinya, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita masih diperkenankan bertemu dalam kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah. Tak lupa Shalawat dan taslim senantiasa tercurah atas junjungan Nabiyyullah Muhammad SAW, sehingga laporan akhir kegiatan On The Job Learning (OJL) pada Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala ini dapat diselesaikan dengan baik.
Merupakan suatu pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga bagi penulis, dalam proses pengkajian, penyusunan hingga penyelesaian laporan ini. Kendatipun penulis akui terasa sangat berat dan melelahkan, namun berkat bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak para Narasumber/Fasilitator dari LPPPTK KPTK, LPPKS, LPMP, dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Alhamdulillah akhirnya laporan kegiatan OJL ini dapat selesai sesuai jadwal yang ditetapkan. Oleh karena itu, penulis merasa sangat berkewajiban untuk menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan ikhlas khususnya kepada Bapak Ahkam Zubair, M.Pd selaku instruktur pendamping atas bimbingan dan arahannya.
Demikian pula ucapan terima kasih yang tak terhingga penulis haturkan kepada Bapak Drs. Jasman Juanda, M. Si. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, Drs. Rusmin selaku Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, DR. Muhammad Nur, M.Pd. Kepala Bidang Dikmenjur Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo yang turut menjadi penanggungjawab pelaksanaan diklat calon kepala sekolah yang telah banyak membantu sejak seleksi sampai pelaksanaan diklat selesai.
Ucapan terima kasih terkhusus penulis sampaikan kepada H. Andi Baharuddin S.Pd, sebagai Pengawas Kelembagaan SMAN I Bola dan Drs. Andi Kampiri, M. Pd. sebagai Kepala SMA Negeri 3 Sengkang yang telah banyak membantu, memberikan masukan dan bimbingan selama pelaksanaan magang pada kegiatan OJL.
Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada istri; Andi Nursamsi S.Pd., M.Si, dan anak anak  tercinta (Andi Maharani Ummi Fatimah, Andi Imam Akbar, Andi Imam Ghazali, Andi Firdaus Ramadhan) serta Orang tua berserta seluruh keluarga  yang telah memberikan doa, dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis, mulai dari pemasukan berkas sampai dengan penyelesaian tugas OJL ini.
Tak terlupakan, ucapan terima kasih penulis sampaikan pula kepada guru-guru dan pegawai SMAN 1 Bola dan SMAN 3 Sengkang yang telah banyak membantu memberikan data dan informasi kepada penulis dalam melakukan kajian-kajian dan pelaksanaan rencana tindak kepemimpinan calon kepala sekolah.
Terakhir, ucapan terima kasih yang tak terhingga penulis sampaikan kepada semua teman peserta diklat calon kepala sekolah kabupaten Wajo tahun 2016; Drs. Andi Kampiri M.Pd. Syamsul Bahri S.Pd., Drs. Andi Page M.M., Muhammad Jaenal S.Pd., M.Pd. Hj. Rosdiana S.Pd., M.Si., Haris S.Pd. M.Pd., dan Fitriadi S.Pd. MM., atas kerja sama yang terbangun selama ini mulai dari awal seleksi sampai kegiatan OJL berakhir.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih terdapat berbagai kekurangan-kekurangan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran, kritik yang bersifat membangun dari berbagai pihak demi kesempurnaan laporan ini.
Semoga laporan kegiatan OJL ini dapat bermanfaat, dan mudah-mudahan segala bantuan, pengorbanan dan dorongan yang diberikan oleh berbagai pihak, mendapat pahala dari Allah SWT, Amin.


Penulis,

Comments

Popular Posts