INSTRUMEN SUPERVISI 1



1.    Nama Guru                         : Fajar S.Pd
2.    Sekolah                               : SMA Negeri 1 Bola
3.    Kelas, Semester                  : X / Ganjil
4.    Identitas Mata pelajaran     : Bahasa Inggris
5.    Standar Kompetensi               : memahami makna teks funsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari hari.
6.    Kompetensi Dasar                  : merespon makna secara akurat lancar dan  berterima dalam teks fungsional pendek sederhana (misalnya iklan, Undangan) resmi dan tak resmi dalam berbagai kontek kehidupan sehari-hari
7. Hari tanggal                         : Jumat, 11 November 2016

No
URAIAN KEGIATAN
KRITERIA NILAI
1
2
3
4
1.
Menentukan identitas mata pelajaran



2.
Menentukan standar kompetensi



3.
Menentukan kompetensi dasar



4.
Menentukan indikator pencapaian kompetensi



5.
Menentukan tujuan pembelajaran



6.
Menentukan materi ajar



7.
Menentukan alokasi waktu



8.
Menentukan metode pembelajaran



9.
Menentukan kegiatan pembelajaran



10.
Menentukan penilaian hasil belajar



11.
Menentukan sumber belajar




Jumlah skor yang dicapai = 36





Jumlah skor  maksimum = 44
Klasifikasi
Baik

Nilai I = 81, 81 %
C : Cukup Baik  : 56% - 75%
A : Baik Sekali  : 86% - 100%
B : Baik                        : 76% - 85%
D : Kurang Baik : dibawah 55%
       
                 SARAN MASUKAN:
Sengkang, 11 November 2016



Muhammad Imran S. Pd.M.Pd
NIP 19710301 200003 1 006
diharapkan persiapan perencanaan yang matang agar pelaksanaan pembelajaran di kelas dapat berjalan secara efektif dan efisien
      SMA NEGERI 1 BOLA
INSTRUMEN OBSERVASI KELAS
                                                                   


1.     Nama sekolah                   : SMA Negeri 1 Sengkang
2.     Nama guru                        : Fajar, S. Pd.,
3.     Mata pelajaran                  : Bahsa  Inggris
4.     Progarm                            : IPA
5.     Kelas/semester                  : XI/Ganjil
6.     Hari/tanggal/jam ke          : Jumat/11/I-II
7.     Kompetensi dasar             : merespon makna secara akurat lancar dan  berterima dalam teks fungsional pendek sederhana (misalnya iklan, Undangan) resmi dan tak resmi dalam berbagai kontek kehidupan sehari-hari
8.     Jumlah peserta didik         : 32 orang; Hadir: 31 orang.Tidak hadir: 1 orang


No
URAIAN KEGIATAN
KRITERIA NILAI
1
2
3
4

A. PENDAHULUAN




1
Guru memberi apersepsi dan motivasi



2
Guru memberitahu kompetensi yang akan dicapai (tujuan pembelajaran)




B. KEGIATAN INTI




1.
Guru tampak menguasai materi pembelajaran (materi pembelajaran disampaikan dengan jelas)



2.
Guru mengelola kelas dengan baik



3.
Metode/pendekatan variatif



4.
Guru menggunakan alat bantu/media pembelajaran (alat peraga, peta, OHP, kaset & tape recorder, komputer & LCD, CD interaktif, dsb)



5.
Guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu mengatasi kesulitan peseta didik



6.
Guru menggunakan teknik bertanya dengan bahasa yang baik dan benar



7.
Guru mendorong peserta didik untuk memanfaatkan teknologi informasi (komputer, internet)



8.
Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran



9.
Pada kegiatan pembelajaran nampak ada proses :
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi



10.
Peserta didik tampak ceria dan antusias dalam belajar



11.
Ada penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi (ketercapaian tujuan pembelajaran)



12.
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP



13.
Pembelajaran diselesaikan tepat waktu




C. PENUTUP




1.
Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran



2.
Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya





Catatan: Nilai akhir dihitung dengan cara: Jumlah sekor yang diperoleh dibagi dengan skor ideal dikali 100%; Skor ideal adalah 17 x 4 =68; Contoh : skor yang diperoeh guru 57, maka Nilainya : 57/68 x 100%=83,82  (baik)

C : Cukup Baik  : 56% - 75%
A : Baik Sekali  : 86% - 100%
B : Baik                        : 76% - 85%
D : Kurang Baik : dibawah 55%
       
                 SARAN/ MASUKAN:
Dari 3 tahap pembelajaran di kelas, semuanya saling terkait dan menentukan keberhasilan akhir pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, sangat diharapkan agar secara utuh dan menyeluruh dimaksimalkan dengan baik semua aspek pembelajaran.

                                                                        Solo, 11 November 2016
Guru yang diobservasi                                        Observer/Supervisor                       







Fajar S.Pd                                                      Muhammad Imran S. Pd.M.Pd
NIP 19710301 200003 1 006





Daftar Pertanyaan Setelah Observasi
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Bagaimana pendapat Saudara setelah menyajikan pelajaran ini?
saya merasa senang melalui proses pembelajaran tersebut dengan adanya supervise Bapak
2.
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
saya telah berusaha melaksanakan berdasarkan perencanaan
3.
Dapatkah Saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?
Semangat dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, karena factor kesuksesan pembelajaran sangat ditentukan oleh peserta didik.
4.
Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?
Sekitar 85 % ketercapaian tujuan pembelajaran telah tercapai
5.
Apa yang menjadi kesulitan siswa?
Penyediaan sarana pembelajaran, seperti computer dan pengoperasionalkannya.
6.
Apa yang menjadi kesulitasn saudara?
Mempertemukan antara keinginan guru dan peserta didik, di mana peserta didik belum siap mengikuti metode pembelajaran yang menantang berbasis TIK
7.
Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan Saudara?
Memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang penting dan besarnya peran TIK dalam proses pembelajaran, karena melalui media tersebut akan semakin memudahkan menghadapi tantangan pembelajaran semakin inovatif.
8.
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja Saudara lakukan dan pengamatan saya.
a. Hal-hal yang mantap:
Ø  Pendahuluan
Ø  Penguasaan materi
Ø  Pengelolaan kelas
Ø  Metode pendekatan
b. Perlu peningkatan:
Ø  Penggunaan alat bantu/media
Ø  Pemanfaatan teknologi informasi
9.
Dengan demikian, apa yang akan Saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?
Insya Allah saya akan berusaha maksimal pak untuk memaksimalkan peruses pembelajaran, khususnya penggunaan alat dan pemanfaatan teknologi informasi

Kesan umum:
Pada dasarnya telah berjalan proses pembejaran dengan baik sebagaimana tuntunan dan tuntutan pembelajaran itu sendiri, khususnya dalam penguasaan dan pengelolaan kelas serta penguasaan materi dari guru.


Saran-Masukan:
Sangat diharapkanagar  kegiatan supervisi berjalan secara lancar dan menyenangkan. Bukan kegiatan supervisi itu menakutkan sehingga guru senantiasa menghindar dari supervisi.
Sengkang, 5 November 2016
Supervisor,



Muhammad Imran S.Pd., M.Pd
NIP 19710301 200003 1 006
Mengetahui
Kepala Sekolah



Muhammad Imran S.Pd., M.Pd
NIP 19710301 200003 1 006


 Instrumen Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik
No
Nama Guru
Mata Pelajaran/
Tema
Kelas
Hasil
Catatan Khusus
Tindak lanjut
Realisasi Tindak lanjut
Kualitatif
Kuantitatif
1







Fajar S.Pd.
Bhs. Inggris
X
Baik
83,82
a.    Penggunaan alat bantu/media
b.    Pemanfaatan teknologi informasi

Akan menggunakan alat bantu LCD dan komputer
Telah disiapkan LCD di kelas dan diharapkan peserta didik masing-masing membawa laptop

            Sengkang, 11 November 2016




Muhammad Imran S. Pd.M.Pd
          NIP 19710301 200003 1 006


Comments

Popular Posts