Laporan OJL TerBaru Cakep SMA BAB 2



BAB II
KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG

1.                  SMAN I Bola
A.                Gambaran Umum
SMA Negeri I Bola berlokasi di Jalan Poros Peneki Solo, desa Solo Kecamatan Bola Kabupaten Wajo  Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Bola merupakan Kecamatan yang paling muda di Kabupaten Wajo, karena kecamatan ini merupakan pemekaran dari kecamatan Takkalalla. Letak kecamatan Bola berbatasan langsung dengan kabupaten Bone. Sekolah ini berdiri pada tahun 2007  dengan nilai akreditasi B. dibangun  di atas lahan seluas 800 m2. SMA Negeri I Bola Nomor Statistik Sekolah (NSS) 30-1-19.08.04.001
SMA Negeri I Bola memiliki sarana dan prasarana yang belum memadai, sekolah ini memiliki 6 ruang kelas, 1 perpustakaan, 1 laboratorium, 1 ruangan guru, 1 ruangan  kepala sekolah, 1 ruangan wakasek, 1 ruangan tata usaha, 1 gudang, 1 WC guru dan 1 WC siswa, serta 2 kantin semi permanen. Sekolah ini berdiri mulai beroperasi sebagai Sekolah Negeri tahun 2007.  Sekolah ini bukan merupakan satu-satunya sekolah di kecamatan Bola, masih ada sekolah lainnya yaitu SMKN I Bola dan Nurmilad Boarding School.
Tahun pelajaran 2015/2016 SMA Negeri I Bola  membina sebanyak 186 siswa yang terbagi ke dalam 6 rombongan belajar dengan masing-masing 2 rombongan belajar pertingkatan kelas. Setiap ruang kelas menampung rata-rata sebanyak 30 siswa.
SMA Negeri I Bola memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang kurang memadai. Jumlah tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak 22 orang dengan rincian 9 guru PNS,1 orang Kepala Sekolah ( PNS ) dan 8 orang non PNS sedangkan  tenaga asministrasi ada 3 orang, 1 berstatus PNS dan 2 non PNS serta 1 orang security

B.                 PROFIL SMA NEGERI 1 BOLA
1.                   Nama Sekolah                                     : SMA Negeri 1 Bola 
2.                   Alamat Sekolah                                   : Jl. Andi Makkaraka Solo     
3.                   Kecamatan                                          : Bola                          
4.                   Kabupaten/Kota                                  : W a j o                                  
5.                   Provinsi                                               : Sulawesi Selatan                  
6.                   Status (Negeri//Swasta )                     : Negeri                                  
7.                   Nomor Statistik sekolah                      : 30-1-19.08.04.001                
8.                   NPSN                                                  : 40313254                 
9.                   Nomor Rekening                                 : 0277957270             
Nama Bank                                         : BNI CABANG SENGKANG
Kantor                                                 :  Cabang Sengkang
10.               Pemegang Rekening                           :          
                1. Kepala Sekolah                           :  Muhammad Imran S.Pd., M.Pd
                2. Bendahara                                   : H. Mashur S.Pd
11.               Jenjang Akreditasi                              :   A / B / C / Belum akreditasi
                                                                                    Tahun 2012 s.d 2017
                        Tanggal akreditasi terakhir  12  November 2012
12.               Luas tanah                                           :  800 m2 Luas Bangunan lantai
                                                                              bawah    504 m2 lantai
13.                Status tanah dan Bangunan               : milik sendiri
14.               Jumlah ruang belajar                           :  6 lokal kelas
15.                Waktu belajar                                     : Pagi, pukul 07.15 s.d 13.45
                        1 jam pelajaran 45 Menit
16.               Program studi untuk kelas XI dan XII
a.                   Kelas XI,program studi Bahasa / IPA / IPS *)
b.                  Kelas XII,program studi Bahasa / IPA / IPS *)
17.                Muatan Lokal
-               Pertanian
-               Kewirausahaan
18.               Jenis kegiatan pengembangan diri/ekstra kurikuler :
-               Sepak Bola                  - Basket                       - Tenes Meja
-               Baris berbaris              - Tadarus                     -  Seni teater   
-           Takrow                        - Musik                        - KIR
-           English Camp
19.               Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
a.                   Visi
UNGGUL dalam BERSINERGI DUNIAWI dan UHKRAWI
b.                  Misi
1.                 Menumbuhkembangkan semangat secara intensif dan berkelanjutan kepada seluruh warga sekolah.
2.                 Melaksanakan bimbingan dan pembelajaran PAIKEM secara konsisten dengan mengsinergikan potensi peserta didik secara optimal
3.                 Mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan dan musyawarah dalam meningkatkan kinerja.
4.                 Meningkatkan pengamalan ajaran agama, ahklak mulia dan nilai budaya
5.                 Mengaplikasikan manajemen partisipasif dengan melibatkan seluruh warga sekolah, orang tua peserta didik, dan instansi terkait.
c.                   Tujuan Pendidikan
1.                      Terwujudnya akhlak dan perilaku peserta didik yang mulya, beriman, dan bertaqwa terhadap Allah SWT.
2.                      Terbentuknya peserta didik yang siap menghadapi perkembangan tekhnologi dalam era globalisasi.
3.                      Terbentuknya peserta didik yang mampu menerapkan nilai-nilai IPTEK dan budaya.
4.                      Mempersipakan peserta didik agar mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

20.                Identitas Kepala Sekolah
a.    Nama Kepala Sekolah      : Muhammad Imran S.Pd.,M.Pd
b.    Tempat / Tanggal Lahir    : Bima, 1 Maret 1971
c.    Alamat rumah                  : Jl. Rusa BTN Tae Blok ii No.  7/9  
                                                Sengkang     
d.   Nomor telepon               :  082 345 424 446
e.    Tanggal Pengangkatan Kepala di Sekolah ini : 24 – 12 – 2014
f.     Jabatan sebelumnya          :  Guru SMAN I Sengkang
g.    Pertama kali diangkat sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 1
Jenjang
Jurusan
Tahun
Institusi
S1
Pendidikan Bahasa Inggris
1998
IKIP Ujung Pandang
S2
Pendidikan Bahasa Inggris
2002
Universitas Negeri Makassar
                                                  Bola,Tanggal 24 Desember 2014
h.    Pendidikan dua jenjang terakhir


i.      Wakil Kepala Sekolah dan Staf
Bidang
Nama & No. Hp
Pendidikan dan Jurusan
Masa Kerja
a.  Akademik / Kurikulum

Mursiding S.Ag., M.M
S2. Manajemen Pendidikan
9  thn  10 bln
b.  Kesiswaan

Hasmin S.Pd
S1. Pendidikan Sosiologi
7 thn 8 bln
c. Humas
Drs. Hasan Basri MM
S2. Manajemen Pendidikan
9  thn  5 bln

21.               Identitas Tata Usaha Sekolah
a. Nama Kepala Urusan     : H. Mashur S.Pd
b.  NIP                               : 196812311989011004
c. Tempat / Tanggal Lahir :  Ugi, 31 Desember 1968
d.Alamat Rumah               :  Desa Solo Kec Dua Boccoe Kab. Bone
e. Nomor Telepon             : 082326965144
f.  Tanggal Pengangkatan Kaur TU di sekolah ini : tahun 2007
g. Jabatan sebelumnya Pegawai Tata Usaha  di  SMP Negeri 1 Bola
h. Pendidikan Terakhir      : S1 Jurusan Kewarganegaraan  Institusi STKIP Muhammadyiah Bone



22.               Siswa / Peserta Didik
a.  Masukan tahun 2015/2016
Jumlah
Presentase Diterima
NUN SMP yang diterima
Peminat
Diterima

Tertinggi
Terendah
Rata-rata
93 Orang
64 Orang
   88%



b. Jumlah Rombongan Belajar
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
Semua Kelas
Bhs
IPA
IPS
Jumlh
Bhs
IPA
IPS
Jumlh
2
-
1
1
2
-
1
1
2
6
c.   Jumlah Peserta Didik
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
Semua Kelas
Bhs
IPA
IPS
Jumlh
Bhs
IPA
IPS
Jumlh
64
-
33
30
63
-
25
34
59
186
d.Tamatan / Keluaran tahun 2013/2014 s.d 2015/2016
Tahun 2013/2014
Jumlah Peserta Ujian
Peserta yang Lulus Ujian
IPA
IPS
Total
IPA
IPS
Total
26
31
57
26 (100 %)
31 (100%)
57 (100%)
Tahun 2014/2015
Jumlah Peserta Ujian
Peserta yang Lulus Ujian
IPA
IPS
Total
IPA
IPS
Total
30
32
62
30  (100 %)
32  (100%)
62 (100%)
Tahun 2015/2016
Jumlah Peserta Ujian
Peserta yang Lulus Ujian
Bhs
IPA
IPS
Total
IPA
IPS
Total
-
25
33
58
25 orang
(100 %)
33 orang
(100%)
58 orang
(100%)













e. Prestasi  Akademik Tahun 2014 s/d  2016
Jenis Lomba
Prestasi Tertinggi (Maks. 3 macam)
Tingkat
1). OSN   (2014)
2). OSN   (2015)
3) OSN   ( 2016)
Juara I Mapel Antropologi
Juara I Mapel Ekonomi
Juara III Mapel Kimia
Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten
f.  Prestasi Non Akademik Tahun 2014 Dan 2015
Jenis Lomba
Prestasi Tertinggi (Maks. 3 macam)
Tingkat
1). Olahraga
2). Seni
3). Keterampilan
Sepak Bola Juara 1
Lagu Solo Juara II
Pecinta Alam Juara III
Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten






23.               Ketenagaan
a. Guru
Pendidikan Terakhir
Guru Tetap
Guru Honor
Guru DPK
Guru Bantu / PTT
Jumlah Guru
Pasca Sarjana (S2 – S3)
a.                   Kependidikan
b.                  Non Kependidikan
4
2
2
1

1
-
-
-
-
-
-
4
2
3
Sarjana / S1
7
7
-
-
14
Sarmud / D3
(dan lebih rendah)




1
Jumlah Guru
11
8


19

b. Pegawai
Jumlah Pegawai
Pendidikan Terakhir
Pegawai Tetap
Pegawai Honor
Pegawai DPK
Jumlah Pegawai
Pasca Sarjana
-
-

-
Sarjana
1
1

2
SLTA / KPAA

2

2
Jumlah Semua
1
3

4



24.               Pembiayaan
a. APBS tahun 2014 / 2015
Dana APBS
Dana Rutin
Iuran
BOS
Dana Gratis
Seluruhnya
Rp. 12.000.000.
Komite Sekolah
Rp.  108. 000,000
  
Rp.180,000,000

Rp.   37,200,000.00

Rp. 12.000.000.
Rp.  108. 000,000
Rp.180,000,000
Rp.   37,200,000.00
b. Uang Sekolah tahun 2015 / 2016
Dana APBS
Dana Rutin
Iuran Komite Sekolah
BOS
Dana Gratis
Seluruhnya

Rp. 12.000.000.

Rp.  135,000,000.

Rp.210,000,000.

Rp.   37,200,000.00

Rp. 12.000.000.
Rp.  135,000,000.
Rp.210,000,000.
Rp.   37,200,000.00
c. Uang Sekolah tahun 2014/2015
Uang Pangkal (IPDB)
Uang Sekolah rata-rata perbulan persiswa
Lain - lain
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
Rp. -
Rp. 60.000,-
Rp. 60.000,-
Rp. 60.000,-
Rp. -
d. Uang Sekolah tahun 2015/2016
Uang Pangkal (IPDB)
Uang Sekolah rata-rata perbulan persiswa
Lain - lain
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
Rp. -
Rp. 75.000,-
Rp. 75.000,-
Rp. 75.000,-
Rp. -

Sekolah ini mempunyai komitmen yang kuat untuk menyiapkan  lulusan yang mempunyai kemampuan untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi, oleh karenanya sekolah ini berupaya meningkatkan mutu lulusan dengan beberapa program diantaranya mejalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi yaitu Universitas Negeri Makassar dan Politekhnik Negeri Makassar dengan mengadakan pembimbingan menghadapi Ujian akhir Nasional dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bagi kelas XII dan pembimbingan Olympiade Sains Nasional bagi kelas X dan XI. Selain program tersebut sekolah ini juga memprogramkan bimbingan belajar di waktu sore setiap hari senin, selasa dan rabu sejak awal tahun pelajaran khususnya kelas XII. Sekolah ini juga memprogramkan MGMP sekolah setiap semester, dimana guru-guru mata pelajaran berkumpul dan membahas masalah yang dihadapi di kelas dan mencari solusinya serta menyelesaikan perangkat pembelajaran secara bersama-sama.
Kinerja SMA Negeri I Bola dilihat dari pencapaian delapan standar pendidikan dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Standar Isi
SMA negeri  I Bola telah memiliki kurikulum sendiri yang dikembangkan dengan menggunakan panduan yang disusun BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, dan kebutuhan pembelajaran. Mata pelajaran Budidaya Pertanian adalah mata pelajaran muatan lokal sekolah yang merupakan kebutuhan sosial masyarakat kecamatan Bola  yang mayoritas bekerja sebagai petani.
Kurikulum sekolah pada kelas X memuat 16 mata pelajaran muatan nasional dan satu mata pelajaran muatan lok al dan pengembangan diri. Alokasi waktu mata pelajaran Pendidikan Agama, Kn, fisika, biologi, kimia, ekonomi, sosiologi, seni budaya, penjas, TIK, keterampilan, dan mulok  masing-masing 2 jam pelajaran. Mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan   Matematika  4 Jam Pelajaran,  sedangkan Mata pelajaran sejarah dan geografi hanya 1 jam perminggu. Pengembangan diri memperoleh alokasi waktu ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran setara 45 menit. Jumlah jam pelajaran perminggu 38 jam pelajaran per kelas, sehingga total jumlah jam pelajaran tatap muka sebanyak 38 jam pelajaran per rombel 39 X 2 rombel =  76 jam pelajaran perminggu.
Kurikulum sekolah pada kelas XI dan XII program IPA  memuat 13 mata pelajaran muatan nasional dan satu mata pelajaran muatan lokal dan pengembangan diri. Alokasi waktu mata pelajaran Pendidikan Agama, Kn, seni budaya, penjas, TIK, keterampilan, dan mulok  masing-masing 2 jam pelajaran. Mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi  4 Jam Pelajaran,  sedangkan Mata pelajaran sejarah hanya 1 jam perminggu. Pengembangan diri memperoleh alokasi waktu ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran setara 45 menit. Jumlah jam pelajaran perminggu 39 jam pelajaran per kelas, sehingga total jumlah jam pelajaran tatap muka sebanyak 39 jam pelajaran per rombel 39 X 2 rombel =  78 jam pelajaran perminggu.
Struktur Kurikulum SMAN I Bola  Kelas XI dan XII program IPS adalah memuat 13 mata pelajaran muatan nasional dan satu mata pelajaran muatan lokal dan pengembangan diri. Alokasi waktu mata pelajaran Pendidikan Agama, Kn, seni budaya, penjas, TIK, keterampilan, dan mulok  masing-masing 2 jam pelajaran. Mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi 4 Jam Pelajaran,  sedangkan Mata pelajaran sejarah, geografi dan sosiologi 3 jam perminggu. Pengembangan diri memperoleh alokasi waktu ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran setara 45 menit. Jumlah jam pelajaran perminggu 39 jam pelajaran per kelas, sehingga total jumlah jam pelajaran tatap muka sebanyak 39 jam pelajaran per rombel 39 X 2 rombel =  78 jam pelajaran perminggu.
Program pembelajaran remedial dan pengayaan bagi siswa sudah berjalan secara sistematis sebagaimana mestinya. Bagi siswa yang dinyatakan belum mencapai nilai ketuntasan minimal dalam pencapaian kompetensi  diberikan kesempatan belajar indikator-indikator kompetensi yang belum dikuasai untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti ulangan perbaikan dibawah bimbingan guru mata pelajaran. Pembelajaran remedial dan pengayaan dilaksanakan diluar jam pelajaran terjadual disore hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan tercapainya pelayanan kepada siswa yang memerlukan penjelasan ulang tentang kompetensi yang belum dikuasai ataupun yang ingin dikembangkan.
Dalam menghadapi ujian nasional, SMA Negeri 1 Bola selalu mempersiapkan diri dengan mengadakan bimbingan sore bagi kelas XII baik program IPA maupun IPS yang akan menempuh  ujian nasional. Selain materi ujian nasional yang dibahas trik trik dalam mengerjakan soal ujian nasional pun diberikan agar siswa secara mudah mengerjakan soal ujian dan diharapka lulus ujian nasional dengan hasil yng memuaskan.
Kegiatan ekstra kurikuler yang disediakan mengacu kepada kebutuhan pengembangan pribadi siswa. Program kegiatan ektra kurikuler yang disediakan diantaranya pembinaan kepramukaan, sintalaras, karya ilmiah remaja, bola volley, paskibra, remaja pencinta Islam, palang merah dan sepak bola serta bengkel seni teater dan seni lukis. Kegiatan ektra kurikuler ini dilaksanakan untuk memenuhan kebutuhan pengembangan pribadi siswa. 

2. Standar Proses
Silabus yang dikembangkan oleh guru-guru berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan penyusunan KTSP. Kegiatan penyusunan dan pengembangkan silabus dilakukan secara mandiri atau berkelompok oleh guru-guru di  sekolah sendiri. Diakui bahwa silabus yang dikembangkan oleh guru-guru belum sepenuhnya berasal dari hasil pemikiran sendiri namun sebahagian masih mencontoh silabus dari sekolah-sekolah lain dengan beberapa perbaikan-perbaikan.
Kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam silabus belum membagi ke dalam bentuk tatap muka (TM), penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).
Guru-guru memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran baik mata pelajaran muatan nasional ataupun mata pelajaran muatan lokal. Seperti halnya dengan silabus, kegiatan penyusunan RPP juga dilakukan   oleh guru-guru secara mandiri maupun dalam kelompok MGMP, baik MGMP sekolah maupun MGMP tingkat kabupaten. RPP yang disusun guru sebahagian masih meng-copy paste RPP sekolah lain dengan beberapa perubahan-perubahan. Namun tentu ada juga beberapa guru yang telah menyusun RPP berdasarkan hasil pemikiran sendiri ataupun kelompok dengan memperhatikan lingkungan sekolah atau siswa, nilai-nilai, dan norma-norma yang ada dalam masyarakat.
Metode pembelajaran yang dirancang guru-guru dalam silabus dan RPP sebagian sudah menggunakan metode yang aktif, inspiratif, kreatif, menyenangkan, menantang dan memotivasi siswa. Sebahagian guru masih ada yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran langsung (tidak menggunakan RPP) seperti pada mata pelajaran Mulok pertanian.
Keterbatasan jumlah buku referensi yang dimiliki sekolah mengakibat-kan terbatasnya sumber belajar dari buku. Buku-buku yang disediakan sekolah paling lama bertahan satu atau dua tahun dimanfaatkan oleh siswa. Umur penggunaan buku-buku paket yang singkat sangat terkait dengan kepribadian siswa yang senang merusak atau menghilangkan buku-buku yang dipinjamkan.
Untuk meningkatkan mutu pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, pengawas, kepala SMA Negeri 1 Bola,   melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran. Hanya saja kegiatan supervisi belum dilakukan secara berkala dan berkelanjutan.

3. Standar Kompetensi Lulusan
Peserta didik pada SMA Negeri 1 Bola  yang mencapai jumlah 186 siswa belum 100 % dapat mencapai target akademis, utamanya dalam pencapaian KKM setiap mata pelajaran, tetapi ujian nasional (UN) 100 % telah mencapai target akademis. Kemajuan/peningkatan prestasi belajar peserta didik belum konsisten. Sekolah juga menawarkan berbagai program pengembangan diri untuk mengembangkan potensi, kepribadian, keterampilan, dan nilai-nilai agama serta nilai-nilai budaya peserta didik, namun demikian bakat dan minat peserta didik belum seluruhnya terlaksana, karena keterbatasan prasarana, guru pembimbing dan dana untuk penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Oleh karena itu rencana kedepan sekolah akan memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik dengan menambah fasilitas prasarana untuk dapat menyalurkan bakat dan minat peserta didik melalui program estrakurikuler, mendayagunakan pendidik, dan mengusulkan kepada tim pengembang sekolah dan komite sekolah agar dana kegiatan ekstrakurikuler dapat ditingkatkan.
Dalam mengembangkan nilai-nilai agama khususnya Islam dan budaya masyarakat SMA Negeri I Bola melaksanakan kegiatan pesantren kilat setiap bulan ramadhan bekerja sama dengan pemuka agama setempat. Selain itu, sekolah membudayakan salaman dipagi hari; guru dan kepala sekolah menyambut siswa di depan gerbang sekolah dan saling memberi salam setiap bertemu, baik guru, pegawai  ataupun siswa.

4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
            Berdasarkan data pokok, standar pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Bola dapat dideskripsikan sebagai berikut:
a.              Kepala Sekolah, telah memenuhi standar kualifikasi umum dan khusus,  sedangkan tingkat kompetensi yang dimiliki Kepala Sekolah, belum dapat diketahui.
b.             Pendidik (Guru), sebanyak 18 orang terdiri dari PNS 10 orang, dan Non PNS 8 orang. dari jumlah tersebut telah memenuhi standar nasional. namun dari segi mata pelajaran yang diampu oleh guru, SMA Negeri 1 Bola kekurangan guru pada mata pelajaran olahraga, sosiologi,. Kualifikasi Akademik Guru telah memenuhi SPM. Untuk standar kompetensi guru, dari 19 guru, 15 orang diantaranya telah mengikuti uji kompetensi dan hasilnya tidak satupun  guru yang mencapai nilai ketuntasan 70,. Tenaga Kependidikan dengan status PNS jumlahnya 1 orang dan  kompetensinya pada bidang ICT masih sangat minim karena itu untuk mencapai SPM yang lebih kompetitif maka sekolah mengangkat  tenaga kependidikan non PNS yang dipakai khususnya pada kegiatan operator dan layanan khusus. Kualifikasi tenaga kependidikan belum memenuhi SPM, karena tenaga kependidikan untuk bidang tertentu umumnya belum memiliki sertifikat. Oleh karena itu calon kepala sekolah mengusulkan untuk memfasilitasi penambahan tenaga kependidikan, peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan. (Data pendidik dan tenaga kependidikan terlampir).

5. Standar Sarana dan Prasarana
SMA Negeri 1 Bola memiliki jumlah peserta didik sebanyak 186 yang tersebar ke dalam 6 rombongan belajar, memiliki lahan dengan status kepemilikan pemerintah seluas 800 m2, lahan tersebut memenuhi ratio minimum luas lahan terhadap peserta didik (12,43 m2/pd). Memiliki jumlah gedung sebanyak 6 unit berlantai satu dengan luas  lantai 504 m2 terhadap peserta didik (5,27 m2/pd). dilengkapi dengan instalasi listrik yang   memadai yaitu 1300 watt.
            SMA Negeri 1 Bola memiliki sarana dan prasarana dengan kondisi sebagai berikut:
1.                  Ruang kelas, telah memenuhi standar prasarana, namun belum memenuhi standar sarana kelas, seperti belum ada lemari. Oleh karena itu sebagai calon kepala sekolah mengusulkan untuk pengadaan lemari, di setiap kelas.
2.                  Ruang perpustakaan, telah memenuhi standar sarana seperti buku teks pelajaran, koran, majalah, rak buku, meja, kursi baca lemari dan lemari katalog, buku inventaris tempat sampah soket listrik dll namun belum menggunakan ICT dalam pengelolaan.
3.                  Ruang laboratorium  ada dan namun belum memenuhi standar prasarana, karena ruang laboratorium hanya untuk mata pelajaran kimia saja, dan laboratorium tersebut belum memiliki kursi dan meja praktek. Walaupun laboratorium adalah laboratorium namun laboratorium tersebut digunakan secara bergantian untuk tiga mata pelajaran yang memerlukan praktek. Bahan dan alat praktek sangat minim terutama untuk mata pelajaran fisika. Jadi sebagai seorang calon kepala sekolah mengusulkan untuk mengajukan proposal pembangunan laboratorium baru beserta kelengkapannya pada Dirjen Sarpras kemendiknas.
4.                  Ruang konseling, ruang UKS,  ruang organisasi kesiswaan, gudang untuk peralatan olahraga, dan ruang sirkulasi belum ada, oleh karena itu sebagai calon kepala sekolah akan mengusulkan/memprogramkan pembangunan ruang tersebut beserta sarananya
5.                  Ruang laboratorium komputer, tidak ada. oleh karena itu sebagai calon kepala sekolah akan mengusulkan/memprogramkan pembangunan ruang tersebut beserta sarananya mengingat bahwa computer sangatlah penting.
6.                  Ruang pimpinan, ada dan memenuhi standar
7.                  Ruang guru, ada dan memenuhi standar
8.                  Ruang tata usaha, ada dan memenuhi standar
9.                  Tempat beribadah (mushallah), tidak ada. sebagai calon kepala sekolah akan mengusulkan/memprogramkan pembangunan tempat tersebut. Untuk sementara siswa menggunakan satu rauangan kecil yang di sekat perpustakaan untuk dipakai shalat
10.              Jamban (WC) siswa, ada namun belum memadai atau belum memenuhi standar, sebagai calon kepala sekolah mengusulkan rehabilitasi jamban (wc) untuk siswa sekaligus memprogramkan pembangunan jamban baru yang memenuhi standar.
11.              Jamban (WC) guru, ada dan memenuhi standar,  namun perlu perbaikan dan penambahan, sebagai calon kepala sekolah mengusulkan penambahan jamban (wc) guru;
12.              Tempat bermain/berolahraga, ada dan belum memenuhi standar.
            Selain yang telah digambarkan di atas, sekolah memiliki prasarana rumah guru, namun belum mempunyai sarana yang cukup memadai. Selain buku, sekolah juga memiliki sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, namun jumlahnya masih terbatas. SMA Negeri I Bola hanya memiliki 2 LCD yang dipakai secara bergantian oleh guru. Hal ini sangat memprihatinkan. Makanya sebagai calon kepala sekolah mengusulkan penggadaan 2 LCD tiap tahun untuk digunakan oleh guru di kelas berdasarkan keperluan dan kemampuan guru dalam pembelajaran. Disamping itu sekolah menyiapkan jaringan internet untuk digunakan dalam pembelajaran berbasis ICT serta memiliki email dan website untuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
            Sekolah memiliki rancangan program pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah sesuai dengan standar pelayanan  minimal. Program pengadaan sarana dan prasarana dirancang dalam jangka waktu tahunan berdasarkan keperluan/kebutuhan. Inventarisasi sarana dan prasarana, belum dilakukan secara teratur dan menurut ketentuan yang berlaku. Jadwal Penggunaan sarana dan prasarana, belum dilakukan dengan baik, masih berdasarkan keperluan. Jadwal Pemeliharaan  sarana  dan  prasarana,  direncanakan tahunan, dan dilakukan berdasarkan kondisi sarana dan prasarana dengan memperhatikan dukungan dana yang ada. Penataan dan penyimpanan sarana, dilakukan oleh penanggungjawab dalam hal ini olehurusan sarana prasarana, namun belum ditangani secara profesional, baik tempat maupun administrasinya. Oleh karena itu sebagai calon kepala sekolah mengusulkan memfasilitasi pengadaan, penataan, dan penyimpanan sarana dan prasarana secara optimal, serta pengadministrasian yang lengkap dan akuntabel.

6. Standar Pengelolaan
            Visi dan misi serta tujuan pendidikan SMAN Negeri 1 Bola sudah disosialisasikan kepada warga sekolah, masyarakat ataupun pemangku kepentingan melalui beberapa cara diantaranya menuliskannya ditembok dinding sekolah, dan rapat wali murid, komite, siswa dan guru.
            Rencana kerja sekolah (RKS), rencana kerja tahunan (RKT) ataupun rencana kerja jangka menengah (RKJM) sudah disosialisasikan kepada warga sekolah. Demikian pula dengan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) sudah disosialisasikan kepada warga sekolah. Sekolah belum pernah melakukan pengisian EDS sehingga RKAS yang disusun masih mengacu pada cara lama namun sudah mengelompokkan ke dalam delapan standar.
            Kegiatan supervisi belum dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan sehingga masih sulit untuk mengukur dan menilai kinerja untuk melakukan perbaikan-perbaikan terutama dalam peningkatan hasil belajar siswa.
            Pengumpulan dan penggunaan sebagian data sudah menggunakan sistem informasi berbasis ICT program office. Sebagian data dan informasi sekolah belum dapat diakses melalui telepon.

7. Standar Pembiayaan
            SMA Negeri  I Bola mempunyai RKAS namun hanya disusun oleh kepala sekolah, beberapa guru dan bendahara sekolah. Penyusunan RKAS dilakukan dengan melibatkan secara langsung pihak komite sekolah ataupun pemangku kepentingan yang relevan dan mempertimbangkan usulan-usulannya mereka.
            Sumber keuangan sekolah masih tergantung pada bantuan pemerintah berupa dana BOS, Dana Gratis dan Komite Sekolah. Sekolah sudah mulai mampu untuk mencari sumber keuangan lain misalnya dengan membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan dunia usaha dan industry yaitu Tesol City Net penyedia layanan Internet di Kabupaten Wajo. Selain itu SMA Negeri 1 Bola membangun komunikasi dengan anggota DPRD kab. Wajo hasilnya pembangunan pagar permanen sepanjang 45 meter.
            Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel dengan melibatkan guru. Laporan keuangan sekolah  ditujukan kepada pemerintah sebagai pemberi dana dan komite sekolah

8. Standar Penilaian Pendidikan
            Sebagian guru mata pelajaran sudah menyusun perencanaan penilaian berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. KKM yang telah ditetapkan oleh masing-masing guru mata pelajaran diinformasikan oleh sebagian guru kepada siswa diawal pertemuan tatap muka dan sebagiannya menginformasikan KKM sebelum pelaksanaan setiap ulangan harian.
            Guru melaksanakan penilaian melalui pelaksanaan ulangan harian, ulangan akhir semester, kenaikan kelas, ujian sekolah dan ujian nasional. Penilaian melalui ulangan harian kadang tidak dilaksanakan berdasarkan rencana yang telah dibuat oleh sebahagian guru.
            Hasil penilaian sebahagian guru pada pelaksanaan ulangan harian ataupun tugas-tugas pekerjaan rumah ditambahkan informasi berupa komentar dan masukan untuk perbaikan. Setiap guru menyampaikan hasil penilaian sikap dan akademik siswa kepada kepala sekolah.
            Hasil penilaian dijadikan dasar bagi sebahagian guru sebagai koreksi untuk melakukan perbaikan pembelajaran berikutnya.


Comments

Popular Posts