INSTRUMENT SUPERVISI 2



1.    Nama Guru                         : Fajar S.Pd
2.    Sekolah                               : SMA Negeri 1 Bola
3.    Kelas, Semester                  : X / Ganjil
4.    Identitas Mata pelajaran     : Bahasa Inggris
5.                                                                                                  Standar Kompetensi            : Mengungkapkan Makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
6.    Kompetensi Dasar                : merespon makna secara akurat lancar dan  berterima dalam teks fungsional pendek sederhana (misalnya iklan, Undangan) resmi dan tak resmi dalam berbagai kontek kehidupan sehari-hari
7. Hari tanggal             : Rabu, 16 November 2016

No
URAIAN KEGIATAN
KRITERIA NILAI
1
2
3
4
1.
Menentukan identitas mata pelajaran



2.
Menentukan standar kompetensi



3.
Menentukan kompetensi dasar



4.
Menentukan indikator pencapaian kompetensi



5.
Menentukan tujuan pembelajaran



6.
Menentukan materi ajar



7.
Menentukan alokasi waktu



8.
Menentukan metode pembelajaran



9.
Menentukan kegiatan pembelajaran



10.
Menentukan penilaian hasil belajar



11.
Menentukan sumber belajar




Jumlah skor yang dicapai = 42





Jumlah skor  maksimum = 44
Klasifikasi
Baik Sekali

Nilai I = 95,45 %
C : Cukup Baik  : 56% - 75%
A : Baik Sekali  : 86% - 100%
B : Baik                        : 76% - 85%
D : Kurang Baik : dibawah 55%
       
                 SARAN MASUKAN:
Sengkang, 16 November 2016



Muhammad Imran S.Pd., M.Pd
NIP 197103012000031006
Sangat diharapkan agar senantiasa persiapan perencanaan dimatangkan agar pelaksanaan pembelajaran di kelas tetap berjalan secara efektif dan efisien
      SMA NEGERI 1 BOLA
INSTRUMEN OBSERVASI KELAS
                                                                   

INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Nama Guru                          : Fajar S.Pd
2. Sekolah                                : SMA Negeri 1 Bola
3. Kelas, Semester                   : X / Ganjil
4. Identitas Mata pelajaran       : Bahasa Inggris
5. Standar Kompetensi           : Mengungkapkan Makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
6. Kompetensi Dasar                 : merespon makna secara akurat lancar dan  berterima dalam teks fungsional pendek sederhana (misalnya iklan, Undangan) resmi dan tak resmi dalam berbagai kontek kehidupan sehari-hari

7. Hari tanggal                          : Rabu, 16 November 2016


No
URAIAN KEGIATAN
KRITERIA NILAI
1
2
3
4

A. PENDAHULUAN




1
Guru memberi apersepsi dan motivasi



2
Guru memberitahu kompetensi yang akan dicapai (tujuan pembelajaran)




B. KEGIATAN INTI




1.
Guru tampak menguasai materi pembelajaran (materi pembelajaran disampaikan dengan jelas)



2.
Guru mengelola kelas dengan baik



3.
Metode/pendekatan variatif



4.
Guru menggunakan alat bantu/media pembelajaran (alat peraga, peta, OHP, kaset & tape recorder, komputer & LCD, CD interaktif, dsb)



5.
Guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu mengatasi kesulitan peseta didik



6.
Guru menggunakan teknik bertanya dengan bahasa yang baik dan benar



7.
Guru mendorong peserta didik untuk memanfaatkan teknologi informasi (komputer, internet)



8.
Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran



9.
Pada kegiatan pembelajaran nampak ada proses :
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi



10.
Peserta didik tampak ceria dan antusias dalam belajar



11.
Ada penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi (ketercapaian tujuan pembelajaran)



12.
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP



13.
Pembelajaran diselesaikan tepat waktu




C. PENUTUP




1.
Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran



2.
Pemberian tugas untuk pertemuan berikutnya





Catatan: Nilai akhir dihitung dengan cara: Jumlah sekor yang diperoleh dibagi dengan skor ideal dikali 100%; Skor ideal adalah 17 x 4 =68; Contoh : skor yang diperoeh guru 65, maka Nilainya : 65/68 x 100% = 95,58 %  (baik Sekali)

C : Cukup Baik  : 56% - 75%
A : Baik Sekali  : 86% - 100%
B : Baik                        : 76% - 85%
D : Kurang Baik : dibawah 55%
       
                 SARAN/ MASUKAN:
Sangat diharapkan agar secara utuh dan menyeluruh pelaksanaannya dimaksimalkan dengan baik semua aspek proses pembelajaran di kelas.

                                                                                                                                                Sengkang, 18 November 2016
Guru yang diobservasi                                        Observer/Supervisor                       




Fajar S.Pd                                                         Muhammad Imran, S. Pd.M.Pd
NIP 19800413 201001 1 001                             NIP 197103012000031006





Daftar Pertanyaan Setelah Observasi
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Bagaimana pendapat Saudara setelah menyajikan pelajaran ini?
Alhamdulillah, saya merasa senang melalui proses pembelajaran tersebut dengan adanya supervisi Bapak
2.
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
Alhamdulillah saya telah berusaha melaksanakan berdasarkan perencanaan
3.
Dapatkah Saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?
Semangat dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti semua proses pembelajaran.
4.
Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?
Sekitar 100 % ketercapaian tujuan pembelajaran telah tercapai
5.
Apa yang menjadi kesulitan siswa?
Penyediaan sarana pembelajaran, seperti komputer yang tidak mampu dipersiapkan.
6.
Apa yang menjadi kesulitan saudara?
Kesiapan dan kemaampuan peserta didik dalam mengikuti semua metode pembelajaran melalui TIK
7.
Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan Saudara?
Memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang metode pembelajaran yang baik.
8.
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja Saudara lakukan dan pengamatan saya.
RPP telah berjalan sebagaimana mestinya dan cukup baik.
9.
Dengan demikian, apa yang akan Saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?
Insya Allah saya akan berusaha maksimal pak untuk mempertahankan dan mengembangkan lagi peroses pembelajaran yang lebih baik.

Kesan umum:
Proses pembejaran berjalan dengan baik sebagaimana tuntunan dan tuntutan pembelajaran itu sendiri, khususnya dalam penguasaan dan pengelolaan kelas serta penguasaan materi dari guru.


Saran-Masukan:
Sangat diharapkan agar  kegiatan supervisi berjalan secara lancar dan menyenangkan. Bukan kegiatan supervisi itu menakutkan sehingga guru senantiasa menghindar dari supervisi.
Mengetahui
Kepala Sekolah



Muhammad Imran, S. Pd.M.Pd
NIP 19631102 198512 1 002

Sengkang, 16 November 2016
Supervisor,



Muhammad Imran, S. Pd.M.Pd
NIP 19631102 198512 1 002

 Instrumen Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik
No
Nama Guru
Mata Pelajaran/
Tema
Kelas
Hasil
Catatan Khusus
Tindak lanjut
Realisasi Tindak lanjut
Kualitatif
Kuantitatif
1







Fajar S.Pd
Bhs. Inggris
X
Baik Sekali
100
Kegiatan pembelajaran berjalan dengan berdasarkan RPP
Senantiasa  menggunakan alat bantu LCD dan komputer
Telah disiapkan LCD di kelas dan diharapkan peserta didik masing-masing membawa laptop

Sengkang, 16 November 2016
Supervisor,



Muhammad Imran, S. Pd.M.Pd
NIP 197103012000031006
 



                                                                                    
                                                                                    

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts