Laporan OJL TerBaru Cakep SMA BAB 2
BAB
II
KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG
1.
SMAN I Bola
A.
Gambaran Umum
SMA Negeri I Bola
berlokasi di Jalan Poros Peneki Solo, desa Solo Kecamatan Bola Kabupaten
Wajo Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Bola merupakan Kecamatan
yang paling muda di Kabupaten Wajo, karena kecamatan ini merupakan pemekaran
dari kecamatan Takkalalla. Letak kecamatan Bola berbatasan langsung dengan
kabupaten Bone. Sekolah ini berdiri pada tahun 2007 dengan nilai akreditasi B. dibangun
di atas lahan seluas 800 m2.
SMA Negeri I Bola Nomor Statistik Sekolah (NSS) 30-1-19.08.04.001
SMA Negeri I Bola memiliki sarana dan prasarana yang belum
memadai, sekolah ini memiliki 6 ruang kelas, 1 perpustakaan, 1 laboratorium, 1
ruangan guru, 1 ruangan kepala sekolah,
1 ruangan wakasek, 1 ruangan tata usaha, 1 gudang, 1 WC guru dan 1 WC siswa,
serta 2 kantin semi permanen. Sekolah ini berdiri mulai beroperasi sebagai Sekolah Negeri tahun 2007.
Sekolah ini bukan merupakan satu-satunya sekolah di kecamatan Bola, masih ada
sekolah lainnya yaitu SMKN I Bola dan Nurmilad Boarding School.
Tahun pelajaran 2015/2016 SMA Negeri I Bola membina
sebanyak 186 siswa yang terbagi ke dalam 6 rombongan belajar dengan
masing-masing 2 rombongan belajar pertingkatan kelas. Setiap ruang kelas menampung
rata-rata sebanyak 30 siswa.
SMA Negeri I Bola memiliki tenaga pendidik dan kependidikan
yang kurang memadai. Jumlah tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak 22 orang
dengan rincian 9 guru PNS,1 orang Kepala Sekolah ( PNS ) dan 8 orang non PNS
sedangkan tenaga asministrasi ada 3 orang, 1 berstatus PNS dan 2 non PNS
serta 1 orang security.
B.
PROFIL SMA NEGERI 1 BOLA
1.
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Bola
2.
Alamat Sekolah :
Jl. Andi Makkaraka Solo
3.
Kecamatan :
Bola
4.
Kabupaten/Kota :
W a j o
5.
Provinsi : Sulawesi Selatan
6.
Status (Negeri//Swasta ) :
Negeri
7.
Nomor Statistik sekolah :
30-1-19.08.04.001
8.
NPSN :
40313254
9.
Nomor Rekening :
0277957270
Nama Bank : BNI CABANG
SENGKANG
Kantor : Cabang Sengkang
10.
Pemegang Rekening :
1.
Kepala Sekolah : Muhammad
Imran S.Pd., M.Pd
2. Bendahara : H. Mashur S.Pd
11.
Jenjang Akreditasi : A / B / C / Belum akreditasi
Tahun
2012 s.d 2017
Tanggal akreditasi
terakhir 12 November
2012
12.
Luas tanah : 800 m2 Luas Bangunan lantai
bawah 504 m2 lantai
13.
Status
tanah dan Bangunan : milik sendiri
14.
Jumlah ruang belajar : 6 lokal kelas
15.
Waktu
belajar :
Pagi, pukul 07.15 s.d 13.45
1
jam pelajaran 45 Menit
16.
Program studi untuk kelas XI dan XII
a.
Kelas XI,program studi Bahasa /
IPA / IPS *)
b.
Kelas XII,program studi Bahasa /
IPA / IPS *)
17.
Muatan
Lokal
-
Pertanian
-
Kewirausahaan
18.
Jenis kegiatan pengembangan diri/ekstra
kurikuler :
-
Sepak
Bola - Basket - Tenes Meja
-
Baris
berbaris - Tadarus - Seni teater
- Takrow -
Musik -
KIR
-
English Camp
19.
Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
a.
Visi
UNGGUL dalam
BERSINERGI DUNIAWI dan UHKRAWI
b.
Misi
1.
Menumbuhkembangkan semangat secara intensif dan
berkelanjutan kepada seluruh warga sekolah.
2.
Melaksanakan bimbingan dan pembelajaran PAIKEM secara
konsisten dengan mengsinergikan potensi peserta didik secara optimal
3.
Mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan dan musyawarah
dalam meningkatkan kinerja.
4.
Meningkatkan pengamalan ajaran agama, ahklak mulia dan
nilai budaya
5.
Mengaplikasikan manajemen partisipasif dengan
melibatkan seluruh warga sekolah, orang tua peserta didik, dan instansi
terkait.
c.
Tujuan Pendidikan
1.
Terwujudnya akhlak dan perilaku peserta didik yang
mulya, beriman, dan
bertaqwa terhadap Allah SWT.
2.
Terbentuknya peserta didik yang siap menghadapi perkembangan tekhnologi
dalam era globalisasi.
3.
Terbentuknya peserta didik yang mampu menerapkan
nilai-nilai IPTEK dan
budaya.
4.
Mempersipakan peserta didik agar mampu melanjutkan pendidikan ke
jenjang yang lebih tinggi.
20.
Identitas Kepala
Sekolah
a. Nama
Kepala Sekolah : Muhammad Imran
S.Pd.,M.Pd
b. Tempat
/ Tanggal Lahir : Bima, 1 Maret 1971
c. Alamat
rumah : Jl. Rusa BTN Tae Blok ii No. 7/9
Sengkang
d. Nomor
telepon :
082 345 424 446
e. Tanggal
Pengangkatan Kepala di Sekolah ini : 24 – 12 – 2014
f. Jabatan
sebelumnya : Guru SMAN I Sengkang
g. Pertama
kali diangkat sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 1
Jenjang
|
Jurusan
|
Tahun
|
Institusi
|
S1
|
Pendidikan
Bahasa Inggris
|
1998
|
IKIP Ujung Pandang
|
S2
|
Pendidikan
Bahasa Inggris
|
2002
|
Universitas Negeri
Makassar
|
Bola,Tanggal 24 Desember 2014
h. Pendidikan
dua jenjang terakhir
i. Wakil
Kepala Sekolah dan Staf
Bidang
|
Nama & No. Hp
|
Pendidikan
dan Jurusan
|
Masa Kerja
|
a. Akademik
/ Kurikulum
|
Mursiding
S.Ag., M.M
|
S2. Manajemen Pendidikan
|
9 thn
10 bln
|
b.
Kesiswaan
|
Hasmin
S.Pd
|
S1. Pendidikan
Sosiologi
|
7 thn 8 bln
|
c. Humas
|
Drs. Hasan Basri MM
|
S2. Manajemen
Pendidikan
|
9
thn 5 bln
|
21.
Identitas Tata Usaha Sekolah
a. Nama
Kepala Urusan : H. Mashur S.Pd
b. NIP : 196812311989011004
c. Tempat
/ Tanggal Lahir : Ugi, 31 Desember 1968
d.Alamat Rumah : Desa Solo Kec Dua Boccoe Kab. Bone
e. Nomor
Telepon :
082326965144
f. Tanggal
Pengangkatan Kaur TU di sekolah ini : tahun 2007
g. Jabatan
sebelumnya Pegawai Tata Usaha di SMP Negeri 1 Bola
h. Pendidikan
Terakhir : S1 Jurusan
Kewarganegaraan Institusi STKIP
Muhammadyiah Bone
22.
Siswa / Peserta Didik
a. Masukan tahun 2015/2016
Jumlah
|
Presentase
Diterima
|
NUN
SMP yang diterima
|
|||
Peminat
|
Diterima
|
Tertinggi
|
Terendah
|
Rata-rata
|
|
93 Orang
|
64 Orang
|
88%
|
b. Jumlah
Rombongan Belajar
Kelas
X
|
Kelas
XI
|
Kelas
XII
|
Semua
Kelas
|
||||||
Bhs
|
IPA
|
IPS
|
Jumlh
|
Bhs
|
IPA
|
IPS
|
Jumlh
|
||
2
|
-
|
1
|
1
|
2
|
-
|
1
|
1
|
2
|
6
|
c. Jumlah Peserta Didik
Kelas
X
|
Kelas
XI
|
Kelas
XII
|
Semua
Kelas
|
||||||
Bhs
|
IPA
|
IPS
|
Jumlh
|
Bhs
|
IPA
|
IPS
|
Jumlh
|
||
64
|
-
|
33
|
30
|
63
|
-
|
25
|
34
|
59
|
186
|
d.Tamatan
/ Keluaran tahun 2013/2014 s.d 2015/2016
Tahun
2013/2014
|
|||||||||||
Jumlah
Peserta Ujian
|
Peserta
yang Lulus Ujian
|
||||||||||
IPA
|
IPS
|
Total
|
IPA
|
IPS
|
Total
|
||||||
26
|
31
|
57
|
26 (100 %)
|
31
(100%)
|
57
(100%)
|
||||||
Tahun
2014/2015
|
|||||||||||
Jumlah
Peserta Ujian
|
Peserta
yang Lulus Ujian
|
||||||||||
IPA
|
IPS
|
Total
|
IPA
|
IPS
|
Total
|
||||||
30
|
32
|
62
|
30 (100 %)
|
32 (100%)
|
62
(100%)
|
||||||
Tahun
2015/2016
|
|||||||||||
Jumlah
Peserta Ujian
|
Peserta
yang Lulus Ujian
|
||||||||||
Bhs
|
IPA
|
IPS
|
Total
|
IPA
|
IPS
|
Total
|
|||||
-
|
25
|
33
|
58
|
25 orang
(100
%)
|
33
orang
(100%)
|
58 orang
(100%)
|
|||||
e. Prestasi Akademik Tahun 2014 s/d 2016
Jenis
Lomba
|
Prestasi
Tertinggi (Maks. 3 macam)
|
Tingkat
|
1). OSN
(2014)
2). OSN (2015)
3) OSN ( 2016)
|
Juara I Mapel Antropologi
Juara I Mapel Ekonomi
Juara III Mapel Kimia
|
Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten
|
f. Prestasi
Non Akademik Tahun 2014 Dan 2015
Jenis
Lomba
|
Prestasi
Tertinggi (Maks. 3 macam)
|
Tingkat
|
1). Olahraga
2). Seni
3). Keterampilan
|
Sepak Bola Juara 1
Lagu Solo Juara II
Pecinta Alam Juara III
|
Kabupaten
Kabupaten
Kabupaten
|
23.
Ketenagaan
a. Guru
Pendidikan
Terakhir
|
Guru
Tetap
|
Guru
Honor
|
Guru
DPK
|
Guru
Bantu / PTT
|
Jumlah
Guru
|
Pasca Sarjana (S2 –
S3)
a.
Kependidikan
b.
Non Kependidikan
|
4
2
2
|
1
1
|
-
-
-
|
-
-
-
|
4
2
3
|
Sarjana / S1
|
7
|
7
|
-
|
-
|
14
|
Sarmud / D3
(dan lebih rendah)
|
1
|
||||
Jumlah Guru
|
11
|
8
|
19
|
b. Pegawai
Jumlah Pegawai
Pendidikan
Terakhir
|
Pegawai
Tetap
|
Pegawai
Honor
|
Pegawai
DPK
|
Jumlah
Pegawai
|
Pasca Sarjana
|
-
|
-
|
-
|
|
Sarjana
|
1
|
1
|
2
|
|
SLTA / KPAA
|
2
|
2
|
||
Jumlah Semua
|
1
|
3
|
4
|
24.
Pembiayaan
a. APBS
tahun 2014 / 2015
Dana
APBS
|
Dana
Rutin
|
Iuran
|
BOS
|
Dana
Gratis
|
Seluruhnya
|
Rp. 12.000.000.
|
Komite Sekolah
Rp. 108. 000,000
|
Rp.180,000,000
|
Rp. 37,200,000.00
|
Rp. 12.000.000.
|
Rp. 108. 000,000
|
Rp.180,000,000
|
Rp. 37,200,000.00
|
b. Uang
Sekolah tahun 2015 / 2016
Dana APBS
|
Dana Rutin
|
Iuran Komite
Sekolah
|
BOS
|
Dana
Gratis
|
Seluruhnya
|
Rp. 12.000.000.
|
Rp.
135,000,000.
|
Rp.210,000,000.
|
Rp. 37,200,000.00
|
Rp. 12.000.000.
|
Rp. 135,000,000.
|
Rp.210,000,000.
|
Rp. 37,200,000.00
|
c. Uang
Sekolah tahun 2014/2015
Uang
Pangkal (IPDB)
|
Uang
Sekolah rata-rata perbulan persiswa
|
Lain
- lain
|
||
Kelas
X
|
Kelas
XI
|
Kelas
XII
|
||
Rp. -
|
Rp. 60.000,-
|
Rp. 60.000,-
|
Rp. 60.000,-
|
Rp. -
|
d.
Uang Sekolah tahun 2015/2016
Uang
Pangkal (IPDB)
|
Uang
Sekolah rata-rata perbulan persiswa
|
Lain
- lain
|
||
Kelas
X
|
Kelas
XI
|
Kelas
XII
|
||
Rp. -
|
Rp. 75.000,-
|
Rp. 75.000,-
|
Rp. 75.000,-
|
Rp. -
|
Sekolah
ini mempunyai komitmen yang kuat untuk menyiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk
melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi, oleh karenanya sekolah ini
berupaya meningkatkan mutu lulusan dengan beberapa program diantaranya mejalin
kerja sama dengan Perguruan Tinggi yaitu Universitas Negeri Makassar dan
Politekhnik Negeri Makassar dengan mengadakan pembimbingan menghadapi Ujian
akhir Nasional dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bagi
kelas XII dan pembimbingan Olympiade Sains Nasional bagi kelas X dan XI. Selain
program tersebut sekolah ini juga memprogramkan bimbingan belajar di waktu sore
setiap hari senin, selasa dan rabu sejak awal tahun pelajaran khususnya kelas
XII. Sekolah ini juga memprogramkan MGMP sekolah setiap semester, dimana
guru-guru mata pelajaran berkumpul dan membahas masalah yang dihadapi di kelas
dan mencari solusinya serta menyelesaikan perangkat pembelajaran secara
bersama-sama.
Kinerja SMA Negeri I Bola dilihat dari pencapaian delapan
standar pendidikan dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Standar Isi
SMA negeri I Bola
telah memiliki kurikulum sendiri yang dikembangkan dengan menggunakan panduan
yang disusun BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial
masyarakat, kondisi budaya, dan kebutuhan pembelajaran. Mata pelajaran Budidaya
Pertanian adalah mata pelajaran muatan lokal sekolah yang merupakan kebutuhan
sosial masyarakat kecamatan Bola yang
mayoritas bekerja sebagai petani.
Kurikulum sekolah pada kelas X memuat 16 mata pelajaran
muatan nasional dan satu mata pelajaran muatan lok al dan pengembangan diri.
Alokasi waktu mata pelajaran Pendidikan Agama, Kn, fisika, biologi, kimia,
ekonomi, sosiologi, seni budaya, penjas, TIK, keterampilan, dan mulok masing-masing 2 jam pelajaran. Mata
pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika 4
Jam Pelajaran, sedangkan Mata pelajaran
sejarah dan geografi hanya 1 jam perminggu. Pengembangan diri memperoleh
alokasi waktu ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran setara 45
menit. Jumlah jam pelajaran perminggu 38 jam pelajaran per kelas, sehingga
total jumlah jam pelajaran tatap muka sebanyak 38 jam pelajaran per rombel 39 X
2 rombel = 76 jam pelajaran perminggu.
Kurikulum sekolah pada kelas XI dan XII program IPA memuat 13 mata pelajaran muatan nasional dan
satu mata pelajaran muatan lokal dan pengembangan diri. Alokasi waktu mata
pelajaran Pendidikan Agama, Kn, seni budaya, penjas, TIK, keterampilan, dan
mulok masing-masing 2 jam
pelajaran. Mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika,
Fisika, Kimia dan Biologi 4 Jam Pelajaran, sedangkan Mata pelajaran sejarah hanya 1 jam
perminggu. Pengembangan diri memperoleh alokasi waktu ekuivalen dengan 2 jam
pelajaran. Satu jam pelajaran setara 45 menit. Jumlah jam pelajaran perminggu
39 jam pelajaran per kelas, sehingga total jumlah jam pelajaran tatap muka
sebanyak 39 jam pelajaran per rombel 39 X 2 rombel = 78 jam pelajaran
perminggu.
Struktur
Kurikulum SMAN I Bola Kelas XI dan XII
program IPS adalah memuat 13
mata pelajaran muatan nasional dan satu mata pelajaran muatan lokal dan
pengembangan diri. Alokasi waktu mata pelajaran Pendidikan Agama, Kn, seni
budaya, penjas, TIK, keterampilan, dan mulok
masing-masing 2 jam pelajaran. Mata pelajaran Bahasa Indonesia,
Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi 4 Jam Pelajaran, sedangkan Mata pelajaran sejarah, geografi
dan sosiologi 3 jam perminggu. Pengembangan diri memperoleh alokasi waktu
ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran setara 45 menit. Jumlah
jam pelajaran perminggu 39 jam pelajaran per kelas, sehingga total jumlah jam
pelajaran tatap muka sebanyak 39 jam pelajaran per rombel 39 X 2 rombel =
78 jam pelajaran perminggu.
Program pembelajaran remedial dan pengayaan bagi siswa sudah
berjalan secara sistematis sebagaimana mestinya. Bagi siswa yang dinyatakan
belum mencapai nilai ketuntasan minimal dalam pencapaian kompetensi diberikan kesempatan belajar
indikator-indikator kompetensi yang belum dikuasai untuk mempersiapkan diri
dalam mengikuti ulangan perbaikan dibawah bimbingan guru mata pelajaran.
Pembelajaran remedial dan pengayaan dilaksanakan diluar jam pelajaran terjadual
disore hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan tercapainya pelayanan kepada
siswa yang memerlukan penjelasan ulang tentang kompetensi yang belum dikuasai
ataupun yang ingin dikembangkan.
Dalam menghadapi ujian nasional, SMA Negeri 1 Bola selalu
mempersiapkan diri dengan mengadakan bimbingan sore bagi kelas XII baik program
IPA maupun IPS yang akan menempuh ujian
nasional. Selain materi ujian nasional yang dibahas trik trik dalam mengerjakan
soal ujian nasional pun diberikan agar siswa secara mudah mengerjakan soal
ujian dan diharapka lulus ujian nasional dengan hasil yng memuaskan.
Kegiatan ekstra kurikuler yang disediakan mengacu kepada
kebutuhan pengembangan pribadi siswa. Program kegiatan ektra kurikuler yang
disediakan diantaranya pembinaan kepramukaan, sintalaras, karya ilmiah remaja,
bola volley, paskibra, remaja pencinta Islam, palang merah dan sepak bola serta
bengkel seni teater dan seni lukis. Kegiatan ektra kurikuler ini dilaksanakan
untuk memenuhan kebutuhan pengembangan pribadi siswa.
2. Standar Proses
Silabus yang dikembangkan oleh guru-guru berdasarkan Standar
Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan penyusunan KTSP.
Kegiatan penyusunan dan pengembangkan silabus dilakukan secara mandiri atau
berkelompok oleh guru-guru di sekolah sendiri. Diakui bahwa silabus yang
dikembangkan oleh guru-guru belum sepenuhnya berasal dari hasil pemikiran
sendiri namun sebahagian masih mencontoh silabus dari sekolah-sekolah lain
dengan beberapa perbaikan-perbaikan.
Kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam silabus belum
membagi ke dalam bentuk tatap muka (TM), penugasan terstruktur (PT) dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).
Guru-guru memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
yang disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran baik
mata pelajaran muatan nasional ataupun mata pelajaran muatan lokal. Seperti
halnya dengan silabus, kegiatan penyusunan RPP juga dilakukan oleh guru-guru secara mandiri maupun dalam
kelompok MGMP, baik MGMP sekolah maupun MGMP tingkat kabupaten. RPP yang
disusun guru sebahagian masih meng-copy paste RPP sekolah lain dengan
beberapa perubahan-perubahan. Namun tentu ada juga beberapa guru yang telah
menyusun RPP berdasarkan hasil pemikiran sendiri ataupun kelompok dengan
memperhatikan lingkungan sekolah atau siswa, nilai-nilai, dan norma-norma yang
ada dalam masyarakat.
Metode pembelajaran yang dirancang guru-guru dalam silabus
dan RPP sebagian sudah menggunakan metode yang aktif, inspiratif, kreatif,
menyenangkan, menantang dan memotivasi siswa. Sebahagian guru masih ada yang
menggunakan pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran langsung (tidak
menggunakan RPP) seperti pada mata pelajaran Mulok pertanian.
Keterbatasan jumlah buku referensi yang dimiliki sekolah
mengakibat-kan terbatasnya sumber belajar dari buku. Buku-buku yang disediakan
sekolah paling lama bertahan satu atau dua tahun dimanfaatkan oleh siswa. Umur
penggunaan buku-buku paket yang singkat sangat terkait dengan kepribadian siswa
yang senang merusak atau menghilangkan buku-buku yang dipinjamkan.
Untuk meningkatkan mutu pelaksanaan proses pembelajaran di
kelas, pengawas, kepala SMA Negeri 1 Bola, melakukan supervisi dan
evaluasi proses pembelajaran. Hanya saja kegiatan supervisi belum dilakukan
secara berkala dan berkelanjutan.
Peserta didik pada SMA Negeri 1 Bola
yang mencapai jumlah
186 siswa belum 100 % dapat mencapai target akademis, utamanya
dalam pencapaian KKM setiap mata pelajaran, tetapi ujian nasional (UN) 100 %
telah mencapai target akademis. Kemajuan/peningkatan prestasi belajar peserta
didik belum konsisten. Sekolah juga menawarkan berbagai program pengembangan
diri untuk mengembangkan potensi, kepribadian, keterampilan, dan nilai-nilai
agama serta nilai-nilai budaya peserta didik, namun demikian bakat dan minat
peserta didik belum seluruhnya terlaksana, karena keterbatasan prasarana, guru
pembimbing dan dana untuk penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
Oleh karena itu rencana kedepan sekolah akan memfasilitasi pengembangan bakat
dan minat peserta didik dengan menambah fasilitas
prasarana untuk dapat menyalurkan bakat dan minat peserta didik melalui program
estrakurikuler, mendayagunakan pendidik, dan mengusulkan kepada tim pengembang
sekolah dan komite sekolah agar dana kegiatan ekstrakurikuler dapat
ditingkatkan.
Dalam mengembangkan nilai-nilai agama khususnya Islam dan
budaya masyarakat SMA Negeri I Bola melaksanakan kegiatan pesantren kilat
setiap bulan ramadhan bekerja sama dengan pemuka agama setempat. Selain itu,
sekolah membudayakan salaman dipagi hari; guru dan kepala sekolah menyambut
siswa di depan gerbang sekolah dan saling memberi salam setiap bertemu, baik
guru, pegawai ataupun siswa.
4.
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Berdasarkan data pokok, standar
pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1
Bola dapat dideskripsikan sebagai berikut:
a.
Kepala Sekolah, telah memenuhi standar kualifikasi
umum dan khusus,
sedangkan tingkat kompetensi yang dimiliki Kepala Sekolah, belum dapat
diketahui.
b.
Pendidik (Guru), sebanyak 18 orang terdiri dari PNS 10 orang, dan Non PNS 8 orang. dari jumlah tersebut telah
memenuhi standar nasional. namun dari segi mata pelajaran yang diampu oleh
guru, SMA Negeri 1 Bola kekurangan guru pada mata
pelajaran olahraga, sosiologi,. Kualifikasi Akademik
Guru telah memenuhi SPM. Untuk standar kompetensi guru, dari 19 guru, 15 orang diantaranya telah mengikuti uji
kompetensi dan hasilnya tidak satupun guru yang
mencapai nilai ketuntasan 70,. Tenaga Kependidikan dengan status PNS jumlahnya 1 orang dan kompetensinya pada bidang ICT masih sangat
minim karena itu untuk mencapai SPM yang lebih kompetitif maka sekolah
mengangkat tenaga kependidikan non PNS
yang dipakai khususnya pada kegiatan operator dan layanan khusus. Kualifikasi
tenaga kependidikan belum memenuhi SPM, karena tenaga kependidikan untuk bidang
tertentu umumnya belum memiliki sertifikat. Oleh karena itu calon kepala
sekolah mengusulkan untuk memfasilitasi penambahan tenaga kependidikan,
peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan. (Data pendidik dan
tenaga kependidikan terlampir).
5.
Standar Sarana dan Prasarana
SMA Negeri 1
Bola memiliki jumlah peserta didik sebanyak 186 yang tersebar ke dalam 6
rombongan belajar, memiliki lahan dengan
status kepemilikan pemerintah seluas 800 m2, lahan tersebut memenuhi ratio minimum luas lahan terhadap peserta didik (12,43 m2/pd).
Memiliki jumlah gedung sebanyak 6 unit
berlantai satu dengan luas lantai 504 m2 terhadap
peserta didik (5,27 m2/pd). dilengkapi dengan instalasi listrik
yang memadai yaitu 1300 watt.
SMA
Negeri 1 Bola memiliki sarana dan
prasarana dengan kondisi sebagai berikut:
1.
Ruang kelas,
telah memenuhi standar prasarana, namun belum memenuhi standar sarana kelas,
seperti belum ada lemari. Oleh karena itu sebagai calon kepala sekolah
mengusulkan untuk pengadaan lemari, di setiap kelas.
2.
Ruang perpustakaan, telah memenuhi standar sarana seperti buku teks
pelajaran, koran, majalah, rak buku, meja, kursi baca lemari dan lemari katalog,
buku inventaris tempat sampah soket listrik dll namun belum menggunakan ICT
dalam pengelolaan.
3.
Ruang laboratorium ada dan namun
belum memenuhi standar prasarana, karena ruang laboratorium hanya untuk mata
pelajaran kimia saja, dan laboratorium tersebut belum memiliki kursi dan meja
praktek. Walaupun laboratorium adalah laboratorium namun laboratorium tersebut
digunakan secara bergantian untuk tiga mata pelajaran yang memerlukan praktek.
Bahan dan alat praktek sangat minim terutama untuk mata pelajaran fisika. Jadi
sebagai seorang calon kepala sekolah mengusulkan untuk mengajukan proposal
pembangunan laboratorium baru beserta kelengkapannya pada Dirjen Sarpras
kemendiknas.
4.
Ruang konseling, ruang UKS, ruang
organisasi kesiswaan, gudang untuk peralatan olahraga, dan ruang sirkulasi
belum ada, oleh karena itu sebagai calon kepala sekolah akan
mengusulkan/memprogramkan pembangunan ruang tersebut beserta sarananya
5.
Ruang
laboratorium komputer, tidak ada. oleh
karena itu sebagai calon kepala sekolah akan mengusulkan/memprogramkan
pembangunan ruang tersebut beserta sarananya mengingat bahwa computer sangatlah
penting.
6.
Ruang pimpinan,
ada dan memenuhi standar
7.
Ruang guru, ada
dan memenuhi standar
8.
Ruang tata
usaha, ada dan memenuhi standar
9.
Tempat beribadah
(mushallah), tidak ada. sebagai calon kepala
sekolah akan mengusulkan/memprogramkan pembangunan tempat tersebut. Untuk
sementara siswa menggunakan satu rauangan kecil yang di sekat perpustakaan
untuk dipakai shalat
10.
Jamban (WC)
siswa, ada namun belum memadai atau belum memenuhi standar, sebagai calon
kepala sekolah mengusulkan rehabilitasi jamban (wc) untuk siswa sekaligus
memprogramkan pembangunan jamban baru yang memenuhi standar.
11.
Jamban (WC)
guru, ada dan memenuhi standar, namun perlu
perbaikan dan penambahan, sebagai calon kepala sekolah mengusulkan penambahan
jamban (wc) guru;
12.
Tempat
bermain/berolahraga, ada dan belum memenuhi standar.
Selain yang telah digambarkan di atas, sekolah memiliki
prasarana rumah guru, namun belum mempunyai sarana yang cukup memadai. Selain
buku, sekolah juga memiliki sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,
namun jumlahnya masih terbatas. SMA Negeri I Bola hanya memiliki 2 LCD yang
dipakai secara bergantian oleh guru. Hal ini sangat memprihatinkan. Makanya
sebagai calon kepala sekolah mengusulkan penggadaan 2 LCD tiap tahun untuk
digunakan oleh guru di kelas berdasarkan keperluan dan kemampuan guru dalam
pembelajaran. Disamping itu sekolah menyiapkan jaringan internet untuk
digunakan dalam pembelajaran berbasis ICT serta memiliki email dan website
untuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
Sekolah memiliki rancangan program pemanfaatan
sarana dan prasarana sekolah sesuai dengan standar pelayanan minimal.
Program pengadaan sarana dan prasarana dirancang dalam jangka waktu tahunan
berdasarkan keperluan/kebutuhan. Inventarisasi sarana dan prasarana, belum dilakukan secara teratur dan
menurut ketentuan yang berlaku. Jadwal Penggunaan sarana dan prasarana, belum dilakukan dengan baik, masih berdasarkan
keperluan. Jadwal Pemeliharaan
sarana dan prasarana, direncanakan tahunan, dan dilakukan berdasarkan
kondisi sarana dan prasarana dengan memperhatikan dukungan dana yang ada. Penataan dan penyimpanan sarana,
dilakukan oleh penanggungjawab dalam hal ini olehurusan sarana prasarana, namun
belum ditangani secara profesional, baik tempat maupun administrasinya. Oleh
karena itu sebagai calon kepala sekolah mengusulkan memfasilitasi pengadaan,
penataan, dan penyimpanan sarana dan prasarana
secara optimal, serta pengadministrasian yang lengkap dan akuntabel.
6. Standar Pengelolaan
Visi dan misi serta tujuan
pendidikan SMAN Negeri 1 Bola sudah disosialisasikan kepada warga sekolah,
masyarakat ataupun pemangku kepentingan melalui beberapa cara diantaranya
menuliskannya ditembok dinding sekolah, dan rapat wali murid, komite, siswa dan
guru.
Rencana kerja sekolah (RKS), rencana
kerja tahunan (RKT) ataupun rencana kerja jangka menengah (RKJM) sudah
disosialisasikan kepada warga sekolah. Demikian pula dengan rencana kegiatan
dan anggaran sekolah (RKAS) sudah disosialisasikan kepada warga sekolah.
Sekolah belum pernah melakukan pengisian EDS sehingga RKAS yang disusun masih
mengacu pada cara lama namun sudah mengelompokkan ke dalam delapan standar.
Kegiatan supervisi belum
dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan sehingga masih sulit untuk
mengukur dan menilai kinerja untuk melakukan perbaikan-perbaikan terutama dalam
peningkatan hasil belajar siswa.
Pengumpulan dan penggunaan sebagian data
sudah menggunakan sistem informasi berbasis ICT program office. Sebagian data
dan informasi sekolah belum dapat diakses melalui telepon.
7. Standar Pembiayaan
SMA Negeri I Bola mempunyai RKAS namun hanya disusun oleh
kepala sekolah, beberapa guru dan bendahara sekolah. Penyusunan RKAS dilakukan
dengan melibatkan secara langsung pihak komite sekolah ataupun pemangku
kepentingan yang relevan dan mempertimbangkan usulan-usulannya mereka.
Sumber keuangan sekolah masih
tergantung pada bantuan pemerintah berupa dana BOS, Dana Gratis dan Komite
Sekolah. Sekolah sudah mulai mampu untuk mencari sumber keuangan lain misalnya
dengan membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan dunia usaha dan industry
yaitu Tesol City Net penyedia layanan Internet di Kabupaten Wajo. Selain itu
SMA Negeri 1 Bola membangun komunikasi dengan anggota DPRD kab. Wajo hasilnya
pembangunan pagar permanen sepanjang 45 meter.
Penyusunan rencana keuangan sekolah
dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel dengan melibatkan guru.
Laporan keuangan sekolah ditujukan
kepada pemerintah sebagai pemberi dana dan komite sekolah
8. Standar Penilaian Pendidikan
Sebagian guru mata pelajaran sudah
menyusun perencanaan penilaian berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi
dasar. KKM yang telah ditetapkan oleh masing-masing guru mata pelajaran
diinformasikan oleh sebagian guru kepada siswa diawal pertemuan tatap muka dan
sebagiannya menginformasikan KKM sebelum pelaksanaan setiap ulangan harian.
Guru melaksanakan penilaian melalui
pelaksanaan ulangan harian, ulangan akhir semester, kenaikan kelas, ujian
sekolah dan ujian nasional. Penilaian melalui ulangan harian kadang tidak dilaksanakan
berdasarkan rencana yang telah dibuat oleh sebahagian guru.
Hasil penilaian sebahagian guru pada
pelaksanaan ulangan harian ataupun tugas-tugas pekerjaan rumah ditambahkan
informasi berupa komentar dan masukan untuk perbaikan. Setiap guru menyampaikan
hasil penilaian sikap dan akademik siswa kepada kepala sekolah.
Hasil penilaian dijadikan dasar bagi
sebahagian guru sebagai koreksi untuk melakukan perbaikan pembelajaran
berikutnya.
Comments
Post a Comment