INSTRUMENT SUPERVISI 2
1. Nama
Guru : Fajar S.Pd
2. Sekolah : SMA Negeri 1 Bola
3. Kelas,
Semester : X / Ganjil
4. Identitas
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
5.
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan Makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
6. Kompetensi
Dasar : merespon makna
secara akurat lancar dan berterima dalam
teks fungsional pendek sederhana (misalnya iklan, Undangan) resmi dan tak resmi
dalam berbagai kontek kehidupan sehari-hari
7. Hari tanggal : Rabu, 16 November 2016
No
|
URAIAN
KEGIATAN
|
KRITERIA
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menentukan identitas mata pelajaran
|
|
|
|
√
|
2.
|
Menentukan standar kompetensi
|
|
|
|
√
|
3.
|
Menentukan kompetensi dasar
|
|
|
|
√
|
4.
|
Menentukan indikator pencapaian
kompetensi
|
|
|
|
√
|
5.
|
Menentukan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
√
|
6.
|
Menentukan materi ajar
|
|
|
√
|
|
7.
|
Menentukan alokasi waktu
|
|
|
|
√
|
8.
|
Menentukan metode pembelajaran
|
|
|
|
√
|
9.
|
Menentukan kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
√
|
10.
|
Menentukan penilaian hasil belajar
|
|
|
|
√
|
11.
|
Menentukan sumber belajar
|
|
|
√
|
|
|
Jumlah skor yang dicapai = 42
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
maksimum = 44
|
Klasifikasi
Baik Sekali
|
|||
|
Nilai I = 95,45 %
|
C
: Cukup Baik :
56% - 75%
|
A
: Baik Sekali : 86% - 100%
|
B
: Baik : 76%
- 85%
|
D
: Kurang Baik : dibawah 55%
|
SARAN MASUKAN:
Sengkang,
16 November 2016
Muhammad Imran S.Pd., M.Pd
NIP
197103012000031006
|
SMA NEGERI 1 BOLA
|
INSTRUMEN
PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Nama Guru :
Fajar S.Pd
2. Sekolah : SMA Negeri
1 Bola
3. Kelas, Semester : X / Ganjil
4. Identitas Mata pelajaran : Bahasa
Inggris
5. Standar Kompetensi : Mengungkapkan Makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
6. Kompetensi
Dasar : merespon makna
secara akurat lancar dan berterima dalam
teks fungsional pendek sederhana (misalnya iklan, Undangan) resmi dan tak resmi
dalam berbagai kontek kehidupan sehari-hari
7. Hari
tanggal : Rabu,
16 November 2016
No
|
URAIAN
KEGIATAN
|
KRITERIA
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
A.
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
1
|
Guru memberi apersepsi dan motivasi
|
|
|
|
√
|
2
|
Guru memberitahu
kompetensi yang akan dicapai (tujuan pembelajaran)
|
|
|
|
√
|
|
B.
KEGIATAN INTI
|
|
|
|
|
1.
|
Guru tampak menguasai materi pembelajaran (materi
pembelajaran disampaikan dengan jelas)
|
|
|
|
√
|
2.
|
Guru mengelola kelas dengan baik
|
|
|
|
√
|
3.
|
Metode/pendekatan
variatif
|
|
|
|
√
|
4.
|
Guru menggunakan alat bantu/media pembelajaran (alat
peraga, peta, OHP, kaset & tape recorder, komputer & LCD, CD
interaktif, dsb)
|
|
|
√
|
|
5.
|
Guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu
mengatasi kesulitan peseta didik
|
|
|
|
√
|
6.
|
Guru menggunakan teknik bertanya dengan bahasa yang
baik dan benar
|
|
|
|
√
|
7.
|
Guru mendorong peserta didik untuk memanfaatkan
teknologi informasi (komputer, internet)
|
|
|
√
|
|
8.
|
Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam
pembelajaran
|
|
|
|
√
|
9.
|
Pada kegiatan pembelajaran nampak ada proses :
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
|
|
|
√
|
|
10.
|
Peserta didik tampak
ceria dan antusias dalam belajar
|
|
|
|
√
|
11.
|
Ada penilaian untuk
mengetahui pencapaian kompetensi (ketercapaian tujuan pembelajaran)
|
|
|
|
√
|
12.
|
Pelaksanaan pembelajaran
sesuai dengan RPP
|
|
|
|
√
|
13.
|
Pembelajaran
diselesaikan tepat waktu
|
|
|
|
√
|
|
C. PENUTUP
|
|
|
|
|
1.
|
Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman hasil
pembelajaran
|
|
|
|
√
|
2.
|
Pemberian tugas untuk
pertemuan berikutnya
|
|
|
|
√
|
Catatan: Nilai akhir dihitung dengan cara:
Jumlah sekor yang diperoleh dibagi dengan skor ideal dikali 100%; Skor ideal
adalah 17 x 4 =68; Contoh : skor yang diperoeh guru 65,
maka Nilainya : 65/68
x 100% =
95,58 % (baik Sekali)
C
: Cukup Baik :
56% - 75%
|
A
: Baik Sekali : 86% - 100%
|
B
: Baik : 76% - 85%
|
D
: Kurang Baik : dibawah 55%
|
SARAN/ MASUKAN:
Sangat diharapkan agar secara utuh dan
menyeluruh pelaksanaannya dimaksimalkan dengan baik semua aspek proses pembelajaran
di kelas.
Sengkang,
18 November 2016
Guru
yang diobservasi Observer/Supervisor
Fajar S.Pd Muhammad Imran, S. Pd.M.Pd
NIP
19800413 201001 1 001 NIP
197103012000031006
Daftar
Pertanyaan Setelah Observasi
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Bagaimana pendapat Saudara setelah menyajikan
pelajaran ini?
|
Alhamdulillah, saya merasa senang melalui proses
pembelajaran tersebut dengan adanya supervisi Bapak
|
2.
|
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang
direncanakan?
|
Alhamdulillah saya telah berusaha melaksanakan
berdasarkan perencanaan
|
3.
|
Dapatkah Saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan
memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?
|
Semangat dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti
semua proses pembelajaran.
|
4.
|
Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian
tujuan pembelajaran?
|
Sekitar 100 % ketercapaian tujuan pembelajaran telah
tercapai
|
5.
|
Apa yang menjadi kesulitan siswa?
|
Penyediaan sarana pembelajaran, seperti komputer
yang tidak mampu dipersiapkan.
|
6.
|
Apa yang menjadi kesulitan saudara?
|
Kesiapan dan kemaampuan peserta didik dalam
mengikuti semua metode pembelajaran melalui TIK
|
7.
|
Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan
Saudara?
|
Memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang metode
pembelajaran yang baik.
|
8.
|
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang
telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang
baru saja Saudara lakukan dan pengamatan saya.
|
RPP telah berjalan sebagaimana mestinya dan cukup
baik.
|
9.
|
Dengan demikian, apa yang akan Saudara lakukan untuk
pertemuan berikutnya?
|
Insya Allah saya akan berusaha maksimal pak untuk
mempertahankan dan mengembangkan lagi peroses pembelajaran yang lebih baik.
|
|
Kesan
umum:
Proses pembejaran berjalan dengan baik sebagaimana
tuntunan dan tuntutan pembelajaran itu sendiri, khususnya dalam penguasaan
dan pengelolaan kelas serta penguasaan materi dari guru.
|
|
|
Saran-Masukan:
Sangat diharapkan agar kegiatan supervisi berjalan secara lancar
dan menyenangkan. Bukan kegiatan supervisi itu menakutkan sehingga guru
senantiasa menghindar dari supervisi.
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Muhammad
Imran, S. Pd.M.Pd
NIP
19631102 198512 1 002
|
Sengkang, 16 November 2016
Supervisor,
Muhammad
Imran, S. Pd.M.Pd
NIP
19631102 198512 1 002
|
Instrumen Tindak Lanjut Hasil Supervisi
Akademik
No
|
Nama
Guru
|
Mata Pelajaran/
Tema
|
Kelas
|
Hasil
|
Catatan
Khusus
|
Tindak
lanjut
|
Realisasi
Tindak lanjut
|
|
Kualitatif
|
Kuantitatif
|
|||||||
1
|
Fajar
S.Pd
|
Bhs.
Inggris
|
X
|
Baik
Sekali
|
100
|
Kegiatan
pembelajaran berjalan dengan berdasarkan RPP
|
Senantiasa
menggunakan alat bantu LCD dan
komputer
|
Telah
disiapkan LCD di kelas dan diharapkan peserta didik masing-masing membawa
laptop
|
Sengkang, 16 November 2016
Supervisor,
Muhammad
Imran, S. Pd.M.Pd
NIP
197103012000031006
|
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete