INSTRUMEN SUPERVISI 1
1. Nama
Guru : Fajar S.Pd
2. Sekolah : SMA Negeri 1 Bola
3. Kelas,
Semester : X / Ganjil
4. Identitas
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
5. Standar
Kompetensi : memahami makna teks
funsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan
procedure dalam konteks kehidupan sehari hari.
6. Kompetensi
Dasar : merespon makna
secara akurat lancar dan berterima dalam
teks fungsional pendek sederhana (misalnya iklan, Undangan) resmi dan tak resmi
dalam berbagai kontek kehidupan sehari-hari
7. Hari tanggal : Jumat,
11 November 2016
No
|
URAIAN
KEGIATAN
|
KRITERIA
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menentukan
identitas mata pelajaran
|
|
|
√
|
|
2.
|
Menentukan
standar kompetensi
|
|
|
|
√
|
3.
|
Menentukan
kompetensi dasar
|
|
|
|
√
|
4.
|
Menentukan
indikator pencapaian kompetensi
|
|
|
√
|
|
5.
|
Menentukan
tujuan pembelajaran
|
|
|
|
√
|
6.
|
Menentukan
materi ajar
|
|
√
|
|
|
7.
|
Menentukan
alokasi waktu
|
|
|
|
√
|
8.
|
Menentukan
metode pembelajaran
|
|
|
√
|
|
9.
|
Menentukan
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
√
|
10.
|
Menentukan
penilaian hasil belajar
|
|
|
√
|
|
11.
|
Menentukan
sumber belajar
|
|
√
|
|
|
|
Jumlah skor yang dicapai = 36
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum = 44
|
Klasifikasi
Baik
|
|||
|
Nilai
I = 81, 81 %
|
C
: Cukup Baik :
56% - 75%
|
A
: Baik Sekali : 86% - 100%
|
B
: Baik : 76%
- 85%
|
D
: Kurang Baik : dibawah 55%
|
SARAN MASUKAN:
Sengkang,
11 November 2016
Muhammad Imran S. Pd.M.Pd
NIP
19710301 200003 1 006
|
SMA NEGERI 1 BOLA
|
1.
Nama
sekolah : SMA Negeri 1 Sengkang
2.
Nama
guru : Fajar, S. Pd.,
3.
Mata
pelajaran : Bahsa Inggris
4.
Progarm : IPA
5.
Kelas/semester : XI/Ganjil
6.
Hari/tanggal/jam
ke : Jumat/11/I-II
7.
Kompetensi
dasar : merespon makna secara akurat
lancar dan berterima dalam teks
fungsional pendek sederhana (misalnya iklan, Undangan) resmi dan tak resmi
dalam berbagai kontek kehidupan sehari-hari
8.
Jumlah
peserta didik :
32 orang;
Hadir: 31 orang.Tidak hadir:
1 orang
No
|
URAIAN
KEGIATAN
|
KRITERIA
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
A.
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
1
|
Guru
memberi apersepsi dan motivasi
|
|
|
|
√
|
2
|
Guru memberitahu kompetensi yang akan
dicapai (tujuan pembelajaran)
|
|
|
|
√
|
|
B.
KEGIATAN INTI
|
|
|
|
|
1.
|
Guru
tampak menguasai materi pembelajaran (materi pembelajaran disampaikan dengan
jelas)
|
|
|
|
√
|
2.
|
Guru
mengelola kelas dengan baik
|
|
|
|
√
|
3.
|
Metode/pendekatan variatif
|
|
|
|
√
|
4.
|
Guru menggunakan alat bantu/media pembelajaran (alat peraga, peta, OHP,
kaset & tape recorder, komputer & LCD, CD interaktif, dsb)
|
√
|
|
|
|
5.
|
Guru
berperan sebagai fasilitator dalam membantu mengatasi kesulitan peseta didik
|
|
√
|
|
|
6.
|
Guru
menggunakan teknik bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
|
|
|
√
|
|
7.
|
Guru
mendorong peserta didik untuk memanfaatkan teknologi informasi (komputer,
internet)
|
√
|
|
|
|
8.
|
Peserta
didik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran
|
|
|
|
√
|
9.
|
Pada kegiatan pembelajaran nampak ada proses :
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
|
|
√
|
|
|
10.
|
Peserta didik tampak ceria dan antusias
dalam belajar
|
|
|
|
√
|
11.
|
Ada penilaian untuk mengetahui
pencapaian kompetensi (ketercapaian tujuan pembelajaran)
|
|
|
|
√
|
12.
|
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan
RPP
|
|
|
|
√
|
13.
|
Pembelajaran diselesaikan tepat waktu
|
|
|
|
√
|
|
C. PENUTUP
|
|
|
|
|
1.
|
Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran
|
|
|
|
√
|
2.
|
Pemberian tugas untuk pertemuan
berikutnya
|
|
|
|
√
|
Catatan: Nilai akhir dihitung dengan cara:
Jumlah sekor yang diperoleh dibagi dengan skor ideal dikali 100%; Skor ideal
adalah 17 x 4 =68; Contoh : skor yang diperoeh guru 57,
maka Nilainya : 57/68
x 100%=83,82 (baik)
C
: Cukup Baik :
56% - 75%
|
A
: Baik Sekali : 86% - 100%
|
B
: Baik : 76% - 85%
|
D
: Kurang Baik : dibawah 55%
|
SARAN/ MASUKAN:
Dari 3 tahap pembelajaran di kelas, semuanya
saling terkait dan menentukan keberhasilan akhir pembelajaran tersebut. Oleh
karena itu, sangat diharapkan agar secara utuh dan menyeluruh dimaksimalkan
dengan baik semua aspek pembelajaran.
Solo,
11 November 2016
Guru
yang diobservasi Observer/Supervisor
Fajar S.Pd Muhammad
Imran S. Pd.M.Pd
NIP 19710301 200003 1 006
Daftar
Pertanyaan Setelah Observasi
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Bagaimana
pendapat Saudara setelah menyajikan pelajaran ini?
|
saya
merasa senang melalui proses pembelajaran tersebut dengan adanya supervise
Bapak
|
2.
|
Apakah
proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
|
saya
telah berusaha melaksanakan berdasarkan perencanaan
|
3.
|
Dapatkah
Saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses
pembelajaran tadi?
|
Semangat
dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, karena
factor kesuksesan pembelajaran sangat ditentukan oleh peserta didik.
|
4.
|
Bagaimana
perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?
|
Sekitar
85 % ketercapaian tujuan pembelajaran telah tercapai
|
5.
|
Apa
yang menjadi kesulitan siswa?
|
Penyediaan
sarana pembelajaran, seperti computer dan pengoperasionalkannya.
|
6.
|
Apa
yang menjadi kesulitasn saudara?
|
Mempertemukan
antara keinginan guru dan peserta didik, di mana peserta didik belum siap
mengikuti metode pembelajaran yang menantang berbasis TIK
|
7.
|
Adakah
alternatif lain untuk mengatasi kesulitan Saudara?
|
Memberikan
pemahaman kepada peserta didik tentang penting dan besarnya peran TIK dalam
proses pembelajaran, karena melalui media tersebut akan semakin memudahkan
menghadapi tantangan pembelajaran semakin inovatif.
|
8.
|
Marilah
bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu
peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja Saudara lakukan dan
pengamatan saya.
|
a.
Hal-hal yang mantap:
Ø
Pendahuluan
Ø
Penguasaan materi
Ø
Pengelolaan kelas
Ø
Metode pendekatan
b. Perlu peningkatan:
Ø
Penggunaan alat bantu/media
Ø
Pemanfaatan teknologi informasi
|
9.
|
Dengan
demikian, apa yang akan Saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?
|
Insya
Allah saya akan berusaha maksimal pak untuk memaksimalkan peruses
pembelajaran, khususnya penggunaan alat dan pemanfaatan teknologi informasi
|
|
Kesan umum:
Pada
dasarnya telah berjalan proses pembejaran dengan baik sebagaimana tuntunan
dan tuntutan pembelajaran itu sendiri, khususnya dalam penguasaan dan
pengelolaan kelas serta penguasaan materi dari guru.
|
|
|
Saran-Masukan:
Sangat
diharapkanagar kegiatan supervisi
berjalan secara lancar dan menyenangkan. Bukan kegiatan supervisi itu
menakutkan sehingga guru senantiasa menghindar dari supervisi.
|
Sengkang, 5 November 2016
Supervisor,
Muhammad Imran S.Pd., M.Pd
NIP 19710301 200003 1 006
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Muhammad Imran S.Pd., M.Pd
NIP
19710301 200003 1 006
|
Instrumen Tindak Lanjut Hasil Supervisi
Akademik
No
|
Nama
Guru
|
Mata Pelajaran/
Tema
|
Kelas
|
Hasil
|
Catatan
Khusus
|
Tindak
lanjut
|
Realisasi
Tindak lanjut
|
|
Kualitatif
|
Kuantitatif
|
|||||||
1
|
Fajar
S.Pd.
|
Bhs.
Inggris
|
X
|
Baik
|
83,82
|
a.
Penggunaan alat bantu/media
b.
Pemanfaatan teknologi informasi
|
Akan
menggunakan alat bantu LCD dan komputer
|
Telah
disiapkan LCD di kelas dan diharapkan peserta didik masing-masing membawa
laptop
|
Sengkang, 11
November 2016
Muhammad Imran S. Pd.M.Pd
NIP 19710301 200003 1 006
Comments
Post a Comment