5 Manfaat Hebat dari Latihan Fitnes

Mungkin anda berpikir bahwalatihan fitnes teratur hanya untuk memperoleh bentuk perut yang kencang dan turunnya berat badan saja, simaklah 5 manfaat hebat dari latihan fitnes yang bisa anda dapatkan.
1. Dapat membuat anda lebih cerdas
Tujuan utama latihan olahraga atau fitnes secara teratur memang dapat mengencangkan perutanda, membangun otot bisep dan trisep anda serta membentuk tubuh anda menjadi lebih bugar, namun tahukah anda bahwa latihan fitnes atau olahraga lainnya secara teratur dapat meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini berdasarkan penelitian dariseorang psikiater John Ratey, dari Harvard Medical School,yang menyatakan bahwa 10 menit beraktivitas dapat meningkatkan kemampuan otak seperti meningkatkan perasaan bahagia, meingkatkan memori dan daya angkap dalam belajar.
2. Dapat mengurangidepresi atau stress
Latihan fitnes atau olahraga lainnya secara teratur dapat meningkatkan kadar hormon di dalam otak seperti serotonin,yang bertugas untuk mengatur mood atau perasaan seseorang.Selain itu menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas California, olahraga secara teratur dapat mengurangitanda penuaan pada sel dan meningkatkan kadar oksigen di dalam darah yang menuju ke otak.
3. Dapat meningkatkan daya tangkap belajar
Olahraga secaa teratur ternyata juga dapat meningkatkan hormon pertumbuhan yang membuat sel-sel otak yang baru tumbuh untuk membuat jaringan atau koneksi baru antar sel. Yang lebih menarik lagi, jika seseorangmelakukan aktivitas yang cukup rumit seperti bermain bulutangkis, menari dan sebaginya akan merangsang otak untuk membuat koneksi baru antar sel.
4. Dapat meningkatkan kepercayaan diri
Untukdapat memperoleh kepercayaan diri yang tinggi, anda tidak harus melatih dan membentuk seluruhanggota tubuh menjadi berotot, namun melakukan aktivitas olahraga ringan seperti berlari maupun bodyweight, bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri.
5. Dapat membuat anda lebih bahagia
denganberolahraga seperti berlari atau berenang tentu akan membuat badan anda lebih fit dan bugar, hormon kortisol pun akan diproduksi sedikit dan hormon endorfin yang memicu bahagia akan diproduksi semakin meningkat. Denganberolahraga secara teratur juga dapat meningkatan penyerapan oksigen diparu-paru sehingga kadar oksigen di darah yang menuju ke otak pun semakin meningkat.

Comments

Popular Posts